1
Ming. Sep 20th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

PELATIHAN JURNALISTIK: STAF HUMAS POLRES BULELENG DILATIH PENULISAN BERITA

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Polres Buleleng, Bali , ternyata sangat menyadari pentingnya peranan dan fungsi Humas di Polri. Maka itu, Sabtu (1/2/2020) digelar pelatihan pembuatan dan mengirim berita ke web bagi staf Subbaghums Polres Buleleng.

Kabag Ops Polres Buleleng Kompol A A Wiranata Kusuma, S.H.,M.M, mengatakan bahwa dengan melakukan pelatihan staf Humas untuk meningkatkan pelayanan informasi kepada publik.

“Humas yang ada sekarang ini tidak lagi sebagai fungsi penunjang melainkan sebagai fungsi utama. Humas memiliki posisi strategis untuk mendekatkan Polisi dengan masyarakat,” jelas mantan Kapolsek Kota Singaraja yang juga Manggala Puri Buleleng itu.

Melalui Humas, kata Agung Wiranata, Polri dapat memberikan penerangan dan informasi kepada masyarakat tentang kebijakan, pelaksanaan tugas dan kinerja Polri. “Sehingga, dapat tercipta citra dan opini publik yang positif terhadap Polri,” paparnya lagi.

Baca Juga :  FPD DPR RI; Komisioner KPK Mengajukan Permohonan Judicial Review Ke MK Atas Revisi UU KPK,Bagaimana Pendapat Anggota Komisi III?

Dijelaskannya, untuk dapat memberikan informasi yang akurat kepada publik diperlukan kemampuan setiap personel humas Polres Buleleng. Pemberitaan yang disampaikan setidak-tidaknya terpenuhinya unsur dasar sebuah berita adalah 5W + 1H (what, who, when, where, why, how).

Agung Wiranata mennyebutkan bahwa pelatihan itu di hari Sabtu (1/2/2020) mulai pukul 09.30 wita sampai dengan pukul 13.00 wita bertempat di ruang command center Polres Buleleng dengan peserta seluruh staf humas Polres Buleleng. “Mereka melaksanakan pelatihan pemberitaan kemudian mengirimkan di web yang dimiliki Polres Buleleng http://polresbuleleng.com,” ucapnya.

Baca Juga :  PRIHATIN KONDISI MAPOLSEK BUSUNGBIU, KUD NUSA PARTA HIBAHKAN TANAH 10,5 ARE

Kabag Ops Agung Wiranata menyampaikan, tujuan dilakukan pelatihan pembuatan berita dan pengiriman berita di web untuk mengurangi penilaian atau sentimen negatif terhadap pemberitaan.

“Disamping itu juga agar seluruh personel humas dapat menguasai pembuatan berita minimal terpenuhi unsur dasar yaitu 5 W + 1H dan And So On ( harapan kedepan)”, cetus Agung Wiranata.

Dalam pelatihan pembuatan dan pengiriman berita dibimbing I Ketut Agus Juliandana dari PT. Singaraja Inter Media.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *