1
Rab. Sep 23rd, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

ANTISIPASI VIRUS CORONA, KOMISI IV CEK KESIAPAN RSUD BULELENG

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Komisi IV DPRD Buleleng pro-aktif melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam mengantisipasi penyebaran virus corona.

Seperti Selasa (3/3/2020), usai menggelar rapat dengan Dinas Sosial dan BPJS Kesehatan Cabang Singaraja, Komisi IV langsung mendatangi RSUD Kabupaten Buleleng.

Tujuan kedatangan Ketua Komisi IV Luh Hesti Ranitasari bersama anggota Komisi IV Ketut Ngurah Arya dan Putu Suastika ke RS “plat merah” itu untuk mengecek kesiapan RSUD Buleleng terkait penanganan pasien suspect corona. Rombongan Komisi IV diterima Dirut RSUD Buleleng dr. Gede Wiartana, M.Kes beserta staf.

“Kami ke RSUD ini untuk melakukan koordinasi sekaligus mengecek kesiapan pihak RSUD terkait virus corona. Karena virus ini kan sudah masuk ke Indonesia, kami disini mengingatkan Direktur RSUD Buleleng bahwa harus segera diadakan simulasi,” jelas Ketua Komisi IV, Luh Hesti Ranitasari, kepada Jarrakposbali.com usai kunjungan.

Baca Juga :  LIGA ITALIA: AC MILAN HAMBATAN LAJU ATALANTA KEJAR JUVE

Rani – sapaan akrab politisi Demokrat ini – menyatakan bahwa kesiapan RSUD itu bukan hanya terkait kesiapan peralatan medis tetapi juga kesiapan tenaga medis. “Jadi, kesiapan itu bukan dialat saja melainkan juga untuk tenaga medisnya. Kami berharap segera diadakan simulasi agar nantinya semua yang ada sudah siap apabila adanya masyarakat yang terkena virus,” tandas Rani.

Apa kata Dirut RSUD Buleleng? Dirut RSUD Kabupaten Buleleng dr Gede Wiartana, M.Kes, menjelaskan bahwa saat ini RSUD Kabupaten Buleleng sudah meningkatkan kesiapsiagaan baik petugas maupun alat medisnya.

Baca Juga :  POLEMIK AIR: BUPATI AGUS KASIH SUBSIDI OPERASIONAL UNTUK DESA LES DAN PENUKTUKAN

“Kita juga sudah melakukan upaya pencegahan dengan memberikan pemahaman masyarakat terkait dengan kebersihan dan penggunaan masker,” jawab Wiartana.

Terkait dengan simulasi yang disarankan Komisi IV DPRD Buleleng, Wiartana menjelaskan, “Kami akan tanggapi secepatnya dan di RSUD bukan untuk merawat pasien yang supect virus, hanya sifatnya menyiapkan untuk dirujuk karena sudah ada tiga rumah sakit yang sudah ditunjuk oleh pusat yaitu RSUD Sanglah, RSUD Tabanan dan RSUD Gianyar.”

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *