1
Sen. Sep 21st, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

INFO PERBATASAN RI-TIMOR LESTE: SATGAS YONIF R 142/KJ SOSIALIASI PENCEGAHAN COVID-19

2 min read

ATAMBUA-JARRAKPOSBALI.COM – Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bukan hanya menjaga perbatasan antara dua negara bertetangga RI- RDTL (Republica Democratico Timor Leste) tetapi juga peduli terhadap masyaakat soal virus corona (COVID-19).

Anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ masuk ke pelosok-pelosok desa hingga kawasan perbatasan untuk mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus “produk” Cina itu. Modelnya, memberikan kegiatan penyuluhan kesehatan dalam rangka pencegahan wabah Covid-19 bersama pihak Puskesmas Silawan dan Koramil 07-1605/Wedomu di Dusun Aisik Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Atambua Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Jumat (3/4/2020) seperti dikutip Pendam IX/Udayana.

Dikatakan Dansatgas, penyuluhan kesehatan dalam rangka pencegahan wabah COVID-19 yang dilaksanakan pada Kamis (2/4/2020), merupakan upaya pencegahan Coronavirus yang sedang mewabah saat ini.

“Kami telah melakukan himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang cara melindungi diri dari wabah COVID-19, antara lain yaitu selalu rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga pola hidup sehat, ketika batuk atau bersin jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung menggunakan tissue, sapu tangan atau lipatan siku, hindari kontak dekat dengan orang yang menunjukkan gejala COVID-19, hindari kerumunan dan hendaknya menjaga jarak lebih dari satu meter dengan orang di sekitar. Tidak lupa juga untuk selalu taat beribadah dan terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Baca Juga :  TOUR RIDE WOMEN CYCLIST CLUB: WAGUB BALI NYATAKAN DUKUNGAN

Lebih lanjut dikatakan, dengan pimpinan Letda Inf Iswan Harahap bersama dua orang personel kesehatan dari Pos Damar dan tim medis dari Puskesmas Silawan Bapak Yulius Manek, A.Md.Kep serta personel Babinsa Silawan Serka Eduarte Santos dari Koramil 07-1605/Wedomu memberikan penyuluhan kesehatan berupa himbuan dalam mengantisipasi wabah COVID-19.

“Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Silawan, Nandes, S.H, 56, dan Kepala Dusun Aisik, Balius Batin, 57, serta dihadiri sekitar 25 orang masyarakat dari Dusun Aisik,” terangnya.

“Dengan adanya kegiatan ini kami berharap kepada setiap (KK) Kepala Keluarga hendaknya dapat menyediakan tempat mencuci tangan di depan rumahnya masing-masing, sehingga sanak-saudara, keluarga serta kerabat yang berkunjung dapat mencuci tangan mereka sebelum masuk ke rumah kita,” paparnya lagi.

Baca Juga :  MADE SUBUR MASUK “TOP 100 PEMIMPIN PEMBAWA PERUBAHAN INDONESIA”

Dia juga berharap kepada seluruh masyarakat di wilayah perbatasan dapat mengisolasi diri sendiri secara mandiri di rumah masing-masing dan bila ada warga yang mengalami sakit, hendaknya sesegera mungkin dilaporkan dan dibawa ke Puskesmas sehingga akan mendapatkan penangganan medis lebih lanjut.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Silawan,Nandes menyampaikan ucapan terima kasih atas penyuluhan kesehatan terkait informasi penyebaran wabah Coronavirus yang diberikan. Ia akan menghimbau masyarakat untuk merealisasikan tempat mencuci tangan di depan rumah masing-masing serta menginggatkan kembali kepada warga tentang himbauan yang diberikan oleh tim penyuluh kesehatan.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak-bapak sekalian, atas penyuluhan kesehatan terkait informasi penyebaran wabah Coronavirus yang telah diberikan. Kami akan menghimbau masyarakat untuk membuat tempat mencuci tangan di depan rumahnya masing-masing, serta menginggatkan kembali kepada warga tentang himbauan yang telah diberikan oleh tim penyuluh kesehatan,” tandasnya.

Editor: Francelino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *