1
Sel. Sep 22nd, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

TNI: KODIM 1619/TABANAN GELAR DONOR DARAH, DAPAT 26 KANTONG DARAH

2 min read

TABANAN-JARRAKPOSBALI.COM – Di tengah mewabahnya virus corona (COVID-19) persediaan darah PMI mulai menipis. Untuk itu atas prakarsa Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto, jajaran anggota Kodim 1619/Tabanan menggelar kegiatan donor darah di Makodim 1619/Tabanan Jalan Katamso No 2 Tabanan, Jumat (3/4/2020).

Seperti dilansir Pendam IX/Udayana, kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 1619/Tabanan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Tabanan tersebut melibatkan sekitar 45 orang personel anggota Kodim 1619/Tabanan beserta jajarannya.

Dilaporkan bahwa saat dilakukan donor darah, para pendonor datang dengan cara bergantian memperhatikan jarak (physical distancing) dan sudah sesuai dengan anjuran prosedur kesehatan.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto mengatakan bahwa aksi donor darah itu murni dilakukan untuk membantu PMI Tabanan dalam hal persediaan darah.

Baca Juga :  INFO PERBATASAN RI-TIMOR LESTE: SATGAS YONIF 744/SYB LAGI BERHASIL GAGALKAN PENYELUNDUPAN

“Kegiatan ini murni kita laksanakan untuk membantu PMI Tabanan menyediakan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan karena d itengah wabah COVID-19 ini stok darah sudah menipis karena banyak yang membutuhkan. sedangkan darah yang masuk ke PMI sangat terbatas akhir-akhir ini,” terang Dandim Toni.

“Nanti kita lihat situasi dulu, bisa kita laksanakan lagi secara berkala sesuai kemampuan kita dan pengerahan personil yang juga terbatas,” tambah Dandim Toni.

Ia berharap darah yang diperoleh dari aksi donor darah ini bisa menambah persediaan atau stok darah di PMI Tabanan. “Mudah-mudahan dengan adanya donor darah yang kita laksanakan ini dapat membantu ketersediaan darah di PMI Tabanan untuk masyarakat,” papar Dandim Toni.

Baca Juga :  TINGKATKAN PROFESIONALITAS TNI VIA OPERASI GAKTIB DAN YUSTISI PM

Dokter Komang Ayu Wulandari yang memimpin lima personel PMI Tabanan dalam kegaiatan tersebut menerangkan bahwa pengambilan darah pendonor ini dilakukan beberapa tahap yakni Cek Tensi Darah, Cek Kesehatan (Suhu tubuh) dan Cek HB Darah.

“Kemudian dari 45 orang personel yang mendaftar didapatkan 26 kantong darah yang bisa diambil dengan rincian Golongan Darah A = 6 kantong, Golongan Darah AB = 3 Kantong, Golongan Darah B = 7 kantong, Golongan Darah O = 10 Kantong,” ucapnya.

Editor: Francelino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *