Berita

Resmi Dibuka, Bina Desa dan KKN PPM Desa Adat Guwang Bersama Politeknik Negeri Bali

GIANYAR, jarrakposbali.com | Pembukaan KKN PPM Politeknik Negeri Bali dan Bina Desa telah resmi di buka di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Guwang, Kamis (30/06/2022).

KKN adalah mata kuliah wajib pada program studi sarjana terapan yang ada di Politeknik Negeri Bali yang juga dapat diakui sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang multidisipliner yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi sarjana terapan tersebut. KKN kali ini Politeknik Negeri Bali menggunakan tema membangun negeri setelah pandemi.

KKN PPM Politeknik Negeri Bali diikuti oleh 647 orang mahasiswa/i yang di bagi menjadi 8 kelompok dan ditetapkan di desa binaan yang ditetapkan yaitu Desa Bengkel Buleleng, Desa Perean Tabanan, Desa Guwang, Desa Sukawati Gianyar, Desa Negari, Desa Nyalian, Desa Manduang Klungkung, serta Desa Tri Eka Buana Karangasem. Pada tanggal 4 Juli 2022 serentak diadakan di seluruh desa binaan KKN PPM 2022. Harapan dari kegiatan KKN PPM ini adalah mahasiswa dapat berkontribusi secara langsung dengan cara berkolaborasi dengan semua elemen yang ada di desa.

Baca Juga :  OBITUARI: KETUA UMUM PB PASI, BOB HASAN, WAFAT

“Kita ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa dalam kegiatan ini mahasiswa yang memiliki pengetahuan dalam bidang teknologi mampu berkolaborasi dengan masyarakat untuk membangun desa, ” Ujar I Putu Mertha Astawa sebagai Ketua P3M Politeknik Negeri Bali.

Kegiatan Bina Desa adalah kegiatan yang secara rutin dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan se-Politeknik Negeri Bali yang bertujuan untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan, serta pengembangan infrastruktur yang ada di desa guna menjadikan desa binaan Politeknik Negeri Bali dapat berdaya saing dalam bidang kepariwisataan yang merupakan potensi terbesar yang ada di Bali.

  Jarrak Travel

Tema kegiatan Bina Desa 2022 adalah Implementasi Green Tourism dalam Mewujudkan Desa Wisata Guwang yang Mandiri. Fokus kegiatan Bina Desa di Desa Guwang adalah peningkatan objek wisata hidden canyon, pemberdayaan bumdes, dan aparatur Desa Guwang.

“Kami selaku pemerintah Desa Guang mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Negeri Bali karena telah membantu Desa kami dalam hal bina desa dan sekaligus KKN PPM khususnya di tempat taman wisata. Jurusan Teknik Sipil, teknik arsitektur dan Teknik Elektro telah membantu kami dalam mendirikan Bale Bengong dengan pendanaan 50 juta kami luar biasa ucapkan terima kasih, ” Ucap kepala Prebekel Desa Adat Guwang.

Acara kali ini ditutup dengan penyematan mahasiswa yang mengikuti KKN PPM dan penyerahan cinderamata Kepada perbekel Desa Adat Guwang. (Parwati)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: