1
Sab. Sep 19th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

BUPATI DUKUNG PENGELOLAAN KAWASAN DANAU BUYAN OLEH MASYARAKAT PANCASARI

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana, mendukung penuh rencana pengelolaan Danau Buyan oleh warga Desa Pancasari secara mandiri.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan pemberdayaan masyarakat di wilayah Danau Buyan dengan memberikan ruang untuk menikmati danau tanpa mengorbankan lingkungan.

Dukungan itu dikatakan Bupati Agus, saat melaksanakan pertemuan dengan para tokoh masyarakat Desa Pancasari, didampingi oleh anggota DPRD Kabupaten Buleleng Dapil Sukasada, I Wayan Indrawan, di ruang rapat lobby Kantor Bupati Buleleng Jalan Pahlawan No 1 Singaraja, Senin (3/2/2020).

Kata Bupati Agus, Kabupaten Buleleng memiliki cara yang berbeda dengan daerah lainnya dalam upaya perkembangan daerah. Pelestarian lingkungan menjadi prioritas dalam mengembangkan segala potensi yang ada di Buleleng, salah satunya potensi wisata. Penataan lingkungan akan menjadi magnet untuk meningkatkan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Buleleng. Penggarapan detail rencana tata ruang di kawasan danau buyan bukan dengan tujuan peruntukannya saja, tetapi juga untuk memberikan ruang pada sisi perbaikan lingkungan.

Baca Juga :  NEW NORMAL: TIM GABUNG GTPP COVID-19 BALI PANTAU PASAR MALAM ASOKA

“Saya ingin masyarakat pancasari juga bisa menikmati kawasan danau buyan ini secara utuh,” ujar Bupati Agus.

Dikatakan Bupati Agus, warga Desa Pancasari agar mampu menciptakan kebersamaan dengan mengatur distribusi yang baik dalam pengelolaan Danau Buyan. Penataan danau buyan ini memiliki tujuan yang sangat mulia, yakni mengutamakan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Ia juga meminta kepada aparat desa untuk tidak lagi memberikan izin kavling di daerah koservasi. Hal itu ditegaskan karena sangat mempengaruhi ketersediaan sumber air pada wilayah-wilayah yang berada di hilir.

“Saya dukung sepenuhnya rencana pengelolaan yang akan dilakukan oleh warga setempat, dengan catatan tetap menjaga persatuan dan kesatuan antar warga,” tambahnya.

Baca Juga :  KASUBBAG DOKUMENTASI PIMPINAN, GEDE JUMAT: “SAYA SANGAT BERSYUKUR TELAH DIBERIA KEPERCAYAAN”

Sementara itu, ditemui usai pertemuan, Perbekel Desa Pancasari yang juga selaku pimpinan rombongan, didampingi oleh Camat Sukasada I Made Dwi Adnyana, S.STP mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada Bupati Buleleng atas perhatiannya terhadap lingkungan di kawasan Desa Pancasari, khususnya pada penataan Danau Buyan. Warga Desa Pancasari juga sangat antusias dalam mendukung rencana pembangunan tersebut. Setelah adanya dukungan dari Bupati Buleleng terkait dengan partisipasi warga dalam pengelolaan Danau Buyan secara mandiri dinilai turut menjadi penunjang kemajuan Desa Pancasari.

“Kami sangat setuju, dan tentu akan berupaya untuk terus menjaga lingkungan di kawasan desa kami demi perkembangan potensi di Buleleng,” pungkasnya.

Penulis: Junior
Editor: Francelino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *