1
Sab. Sep 19th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

HUMAN INTEREST: WARGA MISKIN TERLANTAR, DICUEKIN DINSOS, KALING LAPOR KE DEWAN

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Tampaknya nilai-nilai kemanusiaan masih sangat tipis pada diri dan jiwa pejabat di Kabupaten Buleleng, Bali. Pasalnya seorang warga tidak mampu yang kini terlantar dicuekin Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Buleleng, Gede Sandhiaya.

Kok biasa? Pasalnya Kepala Lingkunng (Kaling) Kajanan Timur, Kelurahan Kampung Kajanan, Singaraja, Muhammad Ashari, sudah melaporkan kepada Dinas Sosial namun tidak ditanggapi. Padadahal, warga dimaksud kini benar-benar terlantar tidak ada keluarga dan sanak family yang merawatnya. Bahkan saat ini sedang dalam kondisi sakit parah.

Akibat dicuekin Kadinsos Sandhiya, Kaling Ashari pun melapor ke DPRD Buleleng agar bisa dicarikan solusi sehingga warga terlantar tersebut bisa mendapat penanganan kesehatannya serta bisa diberi tempat tumpangan.

“Warga ini benar-benar terlantar dan tidak ada sanak keluarga. Begitu yang bersangkutan minta tolong kepada kita, kita sampaikan ke Kelurahan. Namun kelurahan sarankan agar disampaikan ke Dinas Sosial,” cerita Ashari, di gedung DPRD Buleleng usai melapor ke Komisi IV DPRD Buleleng, Selasa (3/3/3030).

Baca Juga :  KABAR PERBATASAN RI-TIMOR LESTE: HASIL MELIMPAH, YONIF 132/BS BAGI-BAGI AYAM POTONG KEPADA WARGA PERBATASAN

Apa tanggapan dari Dinas Sosial? “Yang buat kita kecewa itu kan karena di Dinas Sosial itu regulasinya tidak jelas. Salah satu persyaratannya adalah masyarakat yang hendak dibawa ke panti jompo harus ada surat keterangan sehat dari dokter atau dari Puskesmas gito loh. Masyarakat itu berpikir, masyarakat terlantar itu kan tanggung jawab negara, tanggung pemerintah,” jawabnya.

Karena dicuekin Dinas Sosial mka itu Ashari mendatangi DPRD Buleleng menyampaikan masalah masyarakat terlantar di Kelurahan Kampung Kajanan tersebut. “Alhamdulillah di DPRD sini mendapat tanggpan positif. Dewan mau turun langsung ke lapangan,” paparnya.

Baca Juga :  ORANG BALI HARUS BERANI BERSAING

Anggota Komisi IV Ketut Ngurah Arya yang menerima Kaling Ashari menyatakan Komisi IV akan segera menyampaikan maslaah ini kepada Dinas Sosial agar segera mendapat penanganan. “Kebetulan sekarang mau rapat sama Dinas Sosial dan BPJS Kesehatan, jadi kesempatan kami langsung sampaikan permasalahan itu kepada Dinas Sosiala agar cepat ditangani,” ujar Ngurah Arya, yang juga Ketua Fraksi PDIP itu.

Sementata itu Kadis Sosial Gede Snadhiyasa usai rapat dengan Komisi IV menyatakan bahwa ia segera turunkan tim untuk mengecek kondisi adminisitrasi masyarakat bersangkutan sebelum dibambil tindakan penanganan. “Tadi Komisi IV sudah sampaikan, dan kami akan cek dulu surat-suratnya dulu,” ujar Sandhiyasa singkat.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *