1
Sel. Sep 22nd, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

PEMERINTAH DIDESAK BENTUK KOMITE NASIONAL PENGENDALIAN VIRUS CORONA

2 min read

JAKARTA-JARRAKPOSBALI.COM -Langkah Presiden untuk menunjuk jurubicara terkait dengan Virus Corona diharapkan akan mampu untuk menginformasikan maupun meredam kesimpangsiuran tentang Corona di Indonesia.

Hal itu disampaikan Didik Mukrianto Anggota Komisi 3 DPR RI dari Partai Demokrat menanggapi tentang adanya kesimpangsiuran berita corona di Indonesia.

“Informasi resmi dan tunggal yang terang dan jelas, serta komprehensif dari pemerintah terkait dengan penyebaran Covid-19 (Corona) sangat dibutuhkan untuk meredam kesimpangsiuran dan ketidakpercayaan masyarakat dan internasional terkait dengan penyebaran Corona di Indonesia,” terang Didik Mukrianto

Didik mengingatkan pemerintah, bahwa keberadaan jurubicara tidak akan banyak membantu, apabila pemerintah tidak segera menetapkan langkah-langkah strategis agar pandemik corona ini tidak menjadi epidemi di Indonesia.

“Jurubicara memang dibutuhkan, namun yang utama dan harus dilakukan pemerintah adalah membuat langkah-langkah cepat, strategis dan tepat untuk melakukan pencegahan, pengobatan dan antisipasi dini tentang potensi penyebaran Corona yang lebih luas di Indonesia. Jangan sampai terjadi epidemi di Indonesia,” harapan Ketua Umum Karang Taruna ini.

Baca Juga :  HARI RAYA GALUNGAN-KUNINGAN: JADIKAN DHARMA SEBAGAI LANDASAN PEMBANGUNAN DAN TOLERANSI

Mengingat bahwa penyebaran Corona yang cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu sehingga menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang semakin besar dan berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, Didik Mukrianto menyarankan agar pemerintah segera membentuk komite khusus pengendalian corona.

“Mengingat sedemikian besarnya dampak dan kekhawatiran dunia terhadap penyebaran corona, tidak akan salah dan akan lebih komprehensif, serta terukur pengendaliannya apabila pemerintah mempertimbangkan untuk membentuk komite nasional pengendalian Corona secara utuh seperti yang dilakukan Presiden RI Ke-6 SBY dalam menerbitkan Perpres 7 Tahun 2006 tentang Komite Nasional Pengendalian Flu Burung,” kata Didik sembari memberi contoh.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: BANTU MASYARAKAT, PERBEKEL PELAPUAN BAGI-BAGI SEMBAKO

Ketua DPP Partai Demokrat ini berharap dengan terbentuknya Komite Nasional Pengendalian Corona, untuk memastikan percepatan pengendalian Corona dan peningkatan kesiapsiagaan menghadapi pandemi secara komprehensif dan terpadu.

Lebih lanjut, Didik mengatakan, dengan terbentuknya Komite Nasional pengendalian Corona akan bisa menetapkan langkah-langkah dan kebijakan penting, yaitu:

Pertama, Menetapkan kebijakan dan rencana strategis nasional serta pedoman umum pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan Corona serta kesiapsiagaan menghadapi pandemi influenza;

Kedua, menetapkan dan mengkoordinasikan langkah-langkah strategis dalam rangka pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan Corona serta kesiapsiagaan menghadapi pandemi;

Ketiga, mengendalikan, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan strategi nasional pengendalian Corona, serta menetapkan langkah-langkah penyelesaian permasalahan strategis yang timbul dalam kegiatan pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan Corona;

Keempat, mengkoordinasikan pengelolaan data dan informasi yang terkait dengan Penyebaran Corona.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *