BeritaDaerahKlungkung

Bupati Suwirta Berbagi Ilmu Kepemimpinan Kepada Para Nindiya Praja IPDN Kampus NTB

KLUNGKUNG, jarrakposbali.com | Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta diundang memberikan kuliah umum “Kepemimpinan Organisasi dan Pemerintahan” di Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Nusa Tenggara Barat (NTB), Praya, Lombok, Senin (4/7/2022).

Kuliah umum dipandu oleh Direktur IPDN NTB Dr. Insinyur Sri Hartarti M. P. dan diikuti oleh seluruh Nindya Praja IPDN yang total berjumlah sebanyak 328 orang.

Kuliah umum Bupati Suwirta diawali dengan cerita kisah hidupnya yang dimulai dari titik terendah dan bukan siapa siapa, dari keluarga sederhana dipulau Nusa Ceningan. Bekerja keras semenjak kecil hingga bisa menjadi seorang manager koperasi, motivator dan hingga menjadi seorang Kepala Daerah.

Sekelumit pangamalaman menangani pengungsi erupsi Gunung Agung dan penanganan Covid-19 dipergunakan oleh Bupati Suwirta sebagai ilustrasi bagaimana konsep kepemimpinan secara nyata diimplementasikan.

Baca Juga :  Gubernur Wayan Koster, Targetkan Vaksinasi Boster Menuju 80 Persen Untuk Bali

Mulai dari menyiapkan tempat pengungsian, pengelolaan bantuan, pelayanan pengungsi dan pemulangan pengungsi pasca erupsi serta berkoordinasi langsung dengan Presiden RI Joko Widodo dan para pejabat dari pusat yang datang dengan membawa bantuan bagi para korban erupsi. Pelayanan terhadap para pengungsi juga dilakukan dengan konsep “Menyama Braya”, yang artinya memperlakukan pengungsi sebagai “semeton” atau saudara.

Kepada para Nindiya Praja Bupati Suwirta berpesan untuk menurunkan harga diri dan membiarkan orang lain yang akan mengangkat sesuai dengan amal dan prestasi yang diraih. Begitu pula saat bekerja untuk selalu berbuat dan memberikan yang terbaik tanpa harus menjadi yang terbaik.

“Adik adik disini semua memiliki potensi untuk menjadi pemimpin. Tunjukkan diri dan jagalah nama baik. Karena nama baik jauh lebih penting daripada kekayaan.” Tegas Bupati Suwirta.

Baca Juga :  Percepat Penurunan Stunting, Pemkab Gianyar Gelar Rembuk Stunting
  Jarrak Travel

Sementara itu Direktur IPDN Nusa Tenggara Barat, Dr. Insinyur Sri Hartarti M. P. mengatakan, pendidikan untuk Nindiya Praja IPDN tidak hanya dibangku kuliah namun juga berbagai keilmuan dari sejumlah kalangan. Baik praktisi, politisi dan Kepala Daerah. Mengingat seorang Praja nantinya akan menjadi seorang pemimpin yang harus bisa dipercaya oleh masyarakat. Bupati Klungkung terpilih sebagai narasumber, selain karena sebagai seorang sosok kepala daerah yang berprestasi namun juga  seorang motivator.(JP/Td).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: