BeritaDaerahDenpasar

Seniman Kayonan Klungkung dan Purwakarta Jawa Barat Hibur Masyarakat Klungkung 

KLUNGKUNG, jarrakposbali.com | Masyarakat Klungkung mendapat hiburan spesial dari para seniman kolaborasi antara Sanggar Seni Kayonan Klungkung dengan delapan Sanggar Seni asal Purwakarta Jawa Barat, Kegiatan yang terangkum dalam festival tari persahabatan ini dibuka oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di area Medal Agung Kabupaten Klungkung. Sabtu (3/7/2022).

Para seniman dari Sanggar Seni Kayonan dan Purwakarta secara bergantian menampilkan tarian masing – masing. Namun diakhir pementasan diisi dengan tari Pendet yang dibawakan secara kolaborasi antara penari kayonan dan beberapa penari dari sejumlah sanggar asal Purwakarta ini.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengatakan Klungkung yang dulunya merupakan pusat kebudayaan di pulau Bali berupaya ingin dikembalikan lagi ke masa emasnya. Untuk itu pemerintah Provinsi Bali saat ini membangun Pusat Kebudayaan Bali yang menumental diwilayah Kabupaten Klungkung.

Baca Juga :  Buleleng Raih Peringkat Tiga Terbaik di Bali

“Seni memang harus terus dikembangkan, saya menyambut pementasan malam ini dan sepakat kita memberikan ruang kepada tamu seniman dari Purwakarta untuk tampil seluas luasnya disini. Saya juga sudah tugaskan Kepala Dinas Kebudayaan untuk memasang anggaran sehingga Klungkung bisa melakukan kunjungan balasan ke Purwakarta Jawa Barat.” ujar Bupati Suwirta disambut tepuk tangan seluruh seniman dan pengunjung.

Sementara itu, Ketua Sanggar Kayonan Klungkung Dewa Alit Saputra mengatakan dirinya merasa terharu karena berkat program ini seniman Klungkung dengan seniman dari Jawa Barat ini menjadi saling mengenal kreasi kesenian masing-masing. Untuk pementasan ini pihaknya mengaku menampilkan materi yang siap pakai seperti tari Barong, Baleganrur dan Tari Rebong Puspa Mekar.

 
Baca Juga :  Revisi! Juara Lomba Gerak Jalan 45 Km di Buleleng
Jarrak Travel

Dari sanggar Purwakarta membawakan Tarian Gelagar Odeng, Tari Kolosebo, Tari Sampurasun, Tari Gogige, Tari Dharma pertiwi dan Hanuman Duta. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini pihaknya berencana melakukan kunjungan balasan ke Jawa Barat sebagai bukti akan kecintaannya kepada seni tari nusantara.

Turut hadir dalam pementasan ini, Ny. Ayu Suwirta, Kadis Kebudayaan Klungkung, Camat Klungkung dan perwakilan Polres serta Dandim 1610 Klungkung.(JP/Td).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: