BeritaKlungkung

Menuju 100 Persen Air Bersih di Nusa Penida

Bupati Suwirta Turun Langsung Optimalkan Infrastruktur Mata Air Penida

NUSA PENIDA, jarrakposbali.com |Berbagai upaya dilakukan Pemkab Klungkung melalui Perumda Air Minum Panca Mahottama guna memenuhi akses 100 persen layanan air bersih yang menjadi salah satu persoalan di Nusa Penida. Kali ini Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama tim turun langsung meninjau untuk mengukur kebutuhan booster pada bak-bak reservoir dan untuk memastikan ketersediaan air di Mata Air Penida, Sabtu (3/9/2022).

Dimana, salah satu sumber air di Nusa Penida yakni Sumber Air Penida di Desa Sakti sudah dioptimalisasi oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida. Pihak BWS Bali Penida Saat ini tengah melakukan optimalisasi mata air Penida dengan pemasangan 2 buah mesin pompa yang masing masing berkapasitas 25 liter/ detik.

Baca Juga :  Apresiasi Cepat BPI KPNPA RI, Tanggapi Keluhan Warga Masyarakat Tabanan

Pekerjaan akan rampung pada bulan Oktober 2022 mendatang. Dengan dua mesin ini diperkirakan Perumda Panca Mahottama akan dapat memasok sebanyak 35 liter/detik dari mata air Penida, jumlah ini cukup untuk mengaliri 3.500 sambungan rumah.

Bupati Suwirta meminta kesiapan Perumda Air Minum Panca Mahottama melaksanakan kegiatan sambungan rumah (SR) sebanyak 3.500 sambungan baru.

  Jarrak Travel

“Sembari menunggu penambahan debit air saya tugaskan PDAM Tirta Panca Mahottama untuk mengumumkan penambahan sambungan rumah,” ujar Bupati Suwirta.

Ditambahkan ada beberapa desa yang nantinya akan menjadi prioritas seperti Desa Sakti, Toya Pakeh, Ped, Batununggul hingga Desa Suana.

“Saya informasikan desa yang menjadi prioritas bisa untuk mengajukan permohonan sambungan rumah baru dan sambil menguji infrastruktur yang kita miliki,” jelasnya .

Terkait masalah data di PDAM Kecamatan Nusa Penisa Bupati Suwirta meminta kepastian data warga yang belum memiliki sambungan rumah agar segera didata. (humasklk/Tude).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: