29 November 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

Pemkab Buleleng Wajibkan ASN Test Swab

2 min read

Foto Jarrakposbali.com/Francelino: ASN di Buleleng jalani tes swab

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Buleleng, Bali, mulai melakukan swab masal untuk para ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng.

Kali ini, giliran ASN di lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Buleleng yang menjalani tes swab. Test swab ini merupakan pelacakan secara massif yang diinstruksi dari Pemerintah Pusat dan Provinsi untuk mendeteksi awal ASN yang terjangkit virus Covid-19.

Tes swab massal dilakukan di Wantilan Praja Winangun Kantor Bupati Buleleng, Jalan Pahlawan No 1 Singaraja, Rabu (4/11/2020).

Ada sebanyak 98 ASN lingkup Setda Buleleng yang mengikuti tes dan diambil sampelnya. Tes swab juga diikuti oleh para pimpinan di Setda Buleleng seperti Sekkab Buleleng Drs. Gede Suyasa,M.Pd, para Asisten Setda Buleleng, dan para Kepala Bagian.

Ditemui usai menjalani tes swab, Sekkab Buleleng yang juga menjabat sebagai Sekretaris GTPP Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd, mengatakan, GTPP Buleleng menargetkan 200 ASN yang diswab setiap harinya. Suyasa menambahkan, hari ini tes swab juga dilakukan kepada TNI dan Polri.

Baca Juga :  Polemik Ucapan AWK: Teja Ingatkan Elit Hargai Budaya Bali

“Kita juga dibatasi oleh petugas swab sekitar 200 sampai 300 perhari. Belum lagi hasil tracing yang terkonfirmasi. Itu kan harus ditracing juga dan dilakukan swab juga,” katanya.

Masih kata Suyasa, tes swab masal ini akan terus berlanjut sampai Bulan Desember. Suyasa mengatakan, jika ada ASN yang hasilnya positif akan langsung dibawa ketempat karantina yang di sediakan oleh Pemprov Bali. Ia menambahkan, tidak akan ada penutupan kantor jika ada salah satu ASN yang terkonfirmasi positif.

“Ini kan asimtomatik ya, begitu ada yang positif asimtomatik kita langsung kirim ke tempat karantina di Provinsi. Kalau kantornya, kita lihat dulu, ini kan kasus per kasus jadi tidak perlu nutup kantor. Dan yang dites sekarang secara fisik sehat, cuma kita mau lihat dalam tubuhnya ada virus covid-19 atau tidak,” jelasnya.

Baca Juga :  BULELENG UBAH SKEMA PENANGANAN PASIEN COVID-19 TAK BERGEJALA

Sementara itu, salah satu ASN Setda Buleleng yang mengikuti tes swab, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokom) Setda Buleleng Ketut Suwarmawan, S.STP, M.M, mengungkapkan tes swab kali ini merupakan yang kedua kali baginya. Sehingga tidak ada persiapan ekstra yang dilakukan. Hanya saja dirinya tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Saya juga tetap mengkonsumsi jamu herbal untuk menjaga imunitas tubuh. Serta segala anjuran dari pemerintah saya tetap jalani,” pungkasnya.

Penulis/Editor: Francelino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *