29 November 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

Wagub Cok Ace Apresiasi Webinar Trend Kewirausahaan Global 2021

2 min read

Foto Jarrakposbali.com/Francelino: Webinar kewirausahaan

DENPASAR-JARRAKPOSBALI.COM – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menyambut positif pelaksanaan seminar virtual (webinar) tentang trend kewirausahaan global bidang kepariwisataan tahun 2021.

Webinar itu digelar Program Magister Terapan Perencanaan Pariwisata (Master in Tourism Business) Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali, Selasa (3/10/2020).

Dalam sambutan singkatnya, Wagub Cok Ace memaparkan tentang pandemi Covid-19 yang berdampak luas pada berbagai sektor. Tak hanya berdampak pada bidang kesehatan, pandemi yang mulai masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020 lalu ini juga menimbulkan dampak ekonomi hingga sosial budaya.

Di sektor ekonomi, ungkap Cok Ace, daerah Bali yang bergantung pada pariwisata mengalami dampak paling parah. Hal itu tercermin pada kedalaman kontraksi ekonomi yang dialami Daerah Bali. “Jika dibandingkan dengan seluruh provinsi di Indonesia, pada kwartal II Tahun 2020perekonomian Bali mengalami kontraksi terdalam yaitu minus 10,98 persen,” papar Wagub Cok Ace.

Baca Juga :  WEBINAR SERIES 4 IPB: WAGUB COK ACE YAKIN BALI JADI TERDEPAN DI INDONESIA

Menyikapi hal ini, kata dia, Pemprov Bali terus berupaya menunjukkan keseriusan dalam penanganan Covid-19. Menurutnya langkah ini sangat penting untuk membangun kepercayaan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata. Cok Ace menyebut, langkah itu membuahkan hasil, tercermin dari trend penurunan jumlah pasien positif Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

“Hal itu kemudian berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan domestik dalam sepekan terakhir, khususnya bertepatan dengan libur panjang cuti bersama. Ia berharap, trend positif ini terus bertahan sejalan dengan upaya pengendalian penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Baca Juga :  DED BUYAN RAMPUNG, BUPATI AGUS MINTA DED TAMBLINGAN HARUS TUNTAS AKHIR TAHUN

Sejalan dengan upaya yang tengah dilakukan pemerintah didukung berbagai komponen, Cok Ace berharap webinar series yang dilaksanakan Politeknik Negeri Bali menghasilkan rumusan yang bermanfaat bagi upaya pemulihan sektor pariwisata.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Bali I Nyoman Abdi, S.E., M.eCom menyampaikan bahwa tema yang dibahas kali ini sangat menarik karena berkaitan dengan trend kewirausahaan bidang kepariwisataan global tahun 2021 mendatang. Webinar series menghadirkan sejumlah pembicara antara lain Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya dan GM Trans Resort Bali Alexander Jovanovic.(FRa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *