1
Rab. Sep 23rd, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

VIRUS CORONA: “BULELENG AMAN! MASYARAKAT TENANG!”

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – “Buleleng aman! Masyarakat Tenang!,” demikian ucapan meyakinkan dari Wakil Bupati Buleleng, Bali, dr I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, bersma Bupati Putu Agus Suradnyana, dalam keterangan pers di warung ikan bakar Pidada, Singaraja, Rabu (4/3/2020) siang.

Wabup Sutjidra menghimbau masyarakat agar tetap tenang terkait dengan penyebaran virus corona yang sudah masuk ke Indonesia. Hal ini dikarenakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng sudah siap untuk mengantisipasinya.

“Pemkab Buleleng sudah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid 19 khususnya di Buleleng. Jadi masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir dan tetap tenang,” ujar Wabup Sutjidra usai memimpin rapat koordinasi antisipasi Covid 19 di Buleleng dengan Kepala Dinas Kesehatan Buleleng dr. I Gusti Nyoman Mahapramana, Direktur RSUD Buleleng dr. Gede Wiartana, M.Kes dan juga Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Buleleng Ketut Suwarmawan, S.STP., MM.

Menurutnya, semua elemen pemerintah telah memberikan atensi terhadap penyebaran virus yang berasal dari Tiongkok ini. Bahkan Presiden hingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali sendiri telah menyetop sementara kunjungan turis dari Tiongkok ke Indonesia dan Bali.

Baca Juga :  TEGAKKAN DISIPLIN PROKES COVID-19: POLDA BALI DUKUNG PEMPROV BALI

Dengan perhatian yang telah diberikan Pemkab Buleleng, Wabup Sutjidra pun berharap agar masyarakat Buleleng tetap tenang dan selalu waspada. Tidak perlu panik dan memastikan kondisi fisik selalu sehat dengan minum vitamin dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Ini penting mengingat virus corona bisa dicegah dengan imun tubuh yang kuat dan selalu menerapkan PHBS. Utamanya dalam keluarga,” paparnya.

Lebih lanjut, masyarakat diminta rutin melakukan pengecekan kesehatan ke rumah sakit atau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) untuk menghindari kemungkinan terjangkit virus corona. Dengan pemeriksaan kesehatan tersebut, kondisi kesehatan dapat terkontrol dengan baik. Masyarakat pun dipersilahkan untuk datang ke Puskesmas terdekat.

“Masyarakat juga harus memahami bahwa Covid 19 tidak menular lewat udara jadi pemakaian masker itu tidak efektif. Yang efektif tentunya kembali dengan cara PHBS,” imbuh Wabup Sutjidra

Baca Juga :  NY PUTRI KOSTER BACA PUISI “SUMPAH KUMBAKARNA" SAAT BAGI SEMBAKO DI YAYASAN PENDIDIKAN DRIA RABA

Dengan adanya kasus positif Covid 19 di Indonesia, Wabup Sutjidra mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan Buleleng agar mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang pencegahan Corona. Baik itu dilakukan melalui media elektronik seperti siaran radio. “Dan bisa melakukan sosialisasi ke kecamatan, desa maupun ke banjar dinas yang ada di Buleleng,” pintanya

Sementara itu, Direktur RSUD Buleleng dr. Gede Wiartana, M.Kes menjelaskan bahwa pihak RSUD Buleleng sudah menyiapkan dua ruang isolasi apabila ada masyarakat Buleleng yang dicurigai terjangkit virus corona. Selain dua ruang isolasi, RSUD Buleleng juga menyiapkan enam alat pelindung diri.

Lebih lanjut, ditanya mengenai ketersedian masker, Gede Wiartana mengatakan ketersedian masker di RSUD Buleleng masih mencukupi kebutuhan masyarakat. “Stok masker di RSUD Buleleng masih ada kurang lebih 20 ribu masker,” tandas Wiartana.

Penulis: Junior
Editor: Francelino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *