1
Sab. Sep 19th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

VIRUS CORONA: PEMKAB TABANAN PUNYA PROGRAM PAKET PRODUK ASN TABANAN PEDULI

3 min read

TABANAN-JARRAKPOSBALI.COM – Di saat masyarakat terutama para petani mengalami kesulitan menjual produknya di musim panen di situasi wabah pandemi corona (COVID-19) ini, Bupati Tabanan, Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti benar-benar memperlihatkan kehebatnya sebagai pemimpin yang menjaid penyelamat masyarakat kecil.

Betapa tidak? Menanggapi jeritan para petani dan peternak yang kesulitan memasarkan produknya, Bupati Eka pun menemukan langkah cerdas untuk membantu masyarakatnya.

Bupati Eka program bernama Paket Produk ASN Tabanan Peduli. Program ini dikoordinair oleh Perusahaan Daerah (PD) Dharma Santhika. Para ASN atau pegawai di lingkup Pemkab Tabanan menyisihkan sedikit rezekinya melalui program ini untuk membeli produk petani dan peternak yang tidak terserap pasar.

Program ini dilaunching oleh Bupati Eka Kamis(4/6/2020) siang di Halaman Depan Kantor Bupati Tabanan.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka menjelaskan bahwa gagasan Paket Produk ASN Tabanan Peduli ini sudah diagendakan jauh-jauh hari, namun baru bisa dieksekusi hari ini. Dan tujuannya untuk membantu masyarakat Tabanan yang terkena dampak COVID-19.

“Sebelumnya saya panjatkan rasa syukur ke hadapan ida Sang Hyang Widia Wasa karena berkat beliau kita dapat brkumpul di sini Bersama-bersama di hari indah ini. Kebetulan sekarang kita sedang melaksanakan Bulan Bung Karno dan Bung Karno selalu mengatakan bahwa kita hrs tetap memikirkan pangan kalau pangan tidak terpenuhi maka malapetaka yang akan terjadi,’ ujar Bupati Eka.

Baca Juga :  PARIWISATA: LUAR BIASA, BONDALEM DANAI PELATIHAN DIVE BAGI SISWA SMA

“Nah, ini tidak kita harapkan di Tabanan. Oleh karena itu gagasan ini sudah kita agendakan jauh-jauh hari, dan sekaranglah eksekusinya sehingga masyarakat kita yang terkena pandemic ini bisa berkurang penderitaannya. Karena COVID-19 ini luar biasa, tidak hanya berdampak pada sector parwisata tetapi pertanian juga,”ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka merasa salut dan patut berterima kasih kepada seluru ASN di seluruh OPD yang ada di Kabupaten Tabanan karena memiliki rasa empati yang tinggi di dalam situasi COVID-19 INI.

“Nah, itu saya ucapkan banyak terima kasih atas empati seluruh ASN pada seluruh OPD dan kalau bisa ini tidak hanya bulan ini saja dan tapi saya sudah bisik-bisik, lanjutkan sampai 6 bulan ke depan,” tandas Bupati Eka.

Ia terus mengajak seluruh komponen di Pemkab Tabanan untuk peka terhadap persoalan petani di lapangan. Ia berkeinginan para ASN di lingkup Pemkab Tabanan untuk menjadi pahlawan bagi petani di kala ada hasil pertanian yang tidak terserap pasar. “Kita beli terus hasil pertanian kita, dan selalu pasang mata dn telinga dimana ada panen yg tidak bisa diserap, ayo turun ngga usah tunggu bantuan dari si ini si itu, saya yakni Tuhan mempuyai 1000 cara untuk membantu rakyat kita kok, yang penting kita niat, nah oleh karena itu program ini sangat luar biasa, dan mudah-mudahan bisa dicontoh daerah lain,” paparnya.

Baca Juga :  INFO DEWAN: DPRD BULELNEG SUMBANG RP 22,5 JUTA UNTUK TIM MEDIS COVID-19

Pada kesempatan itu, bupati ekajuga memberikan bantuan uang sebesar rp 100 juta kepada salah satu warga yang rumahnya terbakar beberapa waktu lalu.

“Dan saya juga membantu Rp 100 juta untuk bapaknya yang rumahnya terbakar waktu ini. Sebetulnya waktu itu saya mau ke RS namun dilarang sama Dirut RS karena masih COVID-19. Agak susah turun ke bawah sekarang ini, mesti pilih-pilih tempat, tetapi itulah protap Kesehatan,” pungkas Bupati Eka sambal terus mengingatkan warganya untuk tetap ikuti protocol Kesehatan COVID-19 walaupun entar lagi new normal diberlakukan.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *