Berita

Wah, Anggaran Pembangunan Kantor PHDI Jembrana Ternyata Hanya Rp 500 Juta

JEMBRANA, jarrakposbali.com ! Pembangunan gedung kantor PHDI Jembrana yang dikerjakan secara swakelola, dengan anggaran yang sebenarnya sebesar Rp. 500 juta, bukan Rp 1 Milyar lebih seperti yang dijelaskan oleh Ketua PHDI Jembrana I Komang Arsana.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Urusan Agama (Ura) Hindu I Ketut Sumiarta, Selasa (6/9/2022). Menurutnya, anggaran pembangunan tersebut bersumber dari APBN tahun 2022, sebesar Rp 500 juta, dengan waktu pengerjaan selama 150 hari kalender.

Dijelaskan pula, sebelum pelaksanaan pembangun gedung PHDI, pihak PHDI Jembrana menjukan proposal ke Kementerian Agama senilai Rp 1 Milyar, namun di setujui hanya Rp 500 juta.

Baca Juga :  Badung Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2021 Kategori Nindya, Bupati Giri Prasta Komit Penuhi Hak Anak Secara Berkelanjutan

“Dana yang lima ratus juta itu tidak dicairkan sekaligus, melainkan pencairannya dilakukan dua kali,” terang Sumiarta.

Sebelumnya, Ketua PHDI Jembrana I Komang Arsana memberikan penjelasan bahwa anggaran pembangunan gedung kantor PHDI Jembrana tersebut sebesar Rp 1 Milyar lebih. Namun dari total anggaran tersebut Kementerian Agama hanya membantu dana hibah Rp 500 juta.

  Jarrak Travel

Kekurangan anggaran untuk pembangunan menurut I Komang Arsana akan diusahakan menyusul, salah satunya dengan meminta pinia kepada umat. Pengerjaannya menurutnya secara swakelola yang dibantu oleh salah seorang pengurus Yayasan Dharma Sentana milik PHDI Jembrana.

Penjelasan Ketua PDHI Jembrana I Komang Arsana sebelumnya sempat memantik keraguan dikalangan beberapa umat pasalnya dilihat secara kasat mata, fisik bangunan yang sedang dikerjakan tidak bernilai Rp 1 Milyar, namun hanya diperkirakan menghabiskan anggaran tidak lebih dari Rp 500 juta.

Warga juga sebelumnya banyak yang mempertanyakan terkait anggaran pembangunan gedung PHDI tersebut lantaran di lokasi proyek sebelumnya tidak terpasang papan informasi proyek. Belakangan papan informasi proyek tersebut barulah terpasang, sehingga besaran anggaran dan sumbernya menjadi jelas.(ded)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: