1
Ming. Sep 20th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

PMI BENTUK “BULELENG SEAMAN ASSOCIATION”, BUPATI AGUS DUKUNG

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) terutama pekerja kapal pesiar berencana akan membentuk sebuah organisasi yang namanya cukup kren yakni Buleleng Seaman Association (BSA).

BSA terutama ada kata SEAMAN merupakan sebuah nama yang cukup prestisius. Hanya saja, pertanyaannya adalah apakah semua pekerja di kapal pesiar itu adalah pelaut? Terlepas dari itu yang pasti niat mereka membentuk BSA ini mendapat dukungan dan apresiasi Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana.

Bupati Agus Rabu (6/5/2020) menerima perwakilan PMI Buleleng baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi menjadi anak buah kapal (ABK). Kepada Bupati Agus, para perwakilan PMI itu menyampaikan bahwa tujuan dibentuk BSA adalah mendapatkan informasi yang akurat terkait Pekerja Migran Indonesia (PMI) khususnya pekerja kapal pesiar yang ada di Kabupaten Buleleng.

Dan Bupati Agus atas nama Pemkab Buleleng mengapresiasi tujuan PMI untuk membuat organisasi yang bertajuk BSA.

Kata Bupati Sgus, dengan dibentuknya organisasi ini, masyarakat Buleleng bisa mendapatkan informasi yang benar tentang PMI yang ada di Buleleng. Selain itu juga Bupati PAS mengatakan organisasi ini nantinya dapat menepis keluhan – keluhan masyarakat Buleleng yang selama ini terjadi. ”Dengan dibentuknya BSA ini, para PMI meminta saya untuk menjadi pembinannya, mudah–mudahan setelah terbentuknya organisasi ini bisa memberikan manfaat terhadap kemajuan Buleleng,” ucap Bupati PAS.

Baca Juga :  HUMAN INTEREST: LPD SANGEH BAGI-BAGI SEMBAKO KEPADA PANDITA DAN PEMANGKU

Lebih lanjut, Bupati PAS menambahkan, para PMI yang ada di Buleleng mempunyai eksperimen di bidang pariwisata, dengan berkumpulnya para PMI Buleleng khususnya yang menjadi ABK, pariwisata di Buleleng bisa berkembang dengan baik dan banyak dikenal orang. ”Mari kedepankan semangat kita untuk membangun Buleleng khususnya di bidang pariwisata,” imbuhnya.

Jika ada persolaan terkait PMI khususnya pekerja kapal pesiar Bupati Agus berjanji akan mencarikan solusi ataupun jalan keluar dengan mengajak para PMI dan masyarakat Buleleng untuk duduk bersama. ”Kalau memang ada persoalan tentang PMI jangan diributkan tetapi kita berusaha untuk mencarikan suatu solusi ataupun jalan keluar yang lebih baik,” paparnya.

Baca Juga :  TONJOLKAN POTENSI LOKAL, BUPATI BULELENG PERKENALKAN “THE SPIRIT OF SOBEAN”

Sementara itu, Ketua BSA Putu Eka Saputra menjelaskan tujuan dibentunknya organisasi ini mengajak para PMI khususnya para ABK untuk berkontribusi terhadap kemajuan Kabupaten Buleleng. Selain itu juga untuk memberikan informasi yang benar terkait PMI Buleleng.

”Melalui organisasi ini kami ingin mendata para PMI khususnya ABK yang ada di Buleleng agar komunikasi dengan Pemerintah Daerah tetap terjalan dengan benar,” katanya

Melalui organisasi ini juga, Eka Saputra ingin mendorong para ABK untuk berwirausaha sebagai pelaku Usaha Kecil Menengah guna menciptakan lapangan kerja di Kabupaten Buleleng. Selain itu, ia juga ingin mengembangkan organisasi ini untuk dapat membantu memfasilitasi masyarakat Buleleng yang ingin bekerja sebagi PMI khususnya pekeja kapal pesiar.

”Untuk masyarakat Buleleng yang modalnya sedikit dan ingin bekerja di kapal pesiar melalui organisasi ini kami akan fasilitasi memeberikan diklat dan langsung menyalurkan kapal pesiar,” janjinya.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *