1
Sab. Sep 19th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

PKK BALI PEDULI COVID-19: “PENGGAK PKK” KEMBALI DIGELAR DI KANTOR CAMAT SELAT

2 min read

SELAT-JARRAKPOSBALI.COM – Kegiatan ‘Penggak PKK’ dilaksanakan di Kabupaten Karangasem, Sabtu (6/6/2020). Kali ini ‘Penggak PKK’ dipusatkan di wantilan Kantor Camat Selat.

Ketua TP PKK Provinis Bali, Ny Putri Koster, menjelaskan bahwa penggak merupakan istilah untuk tempat berjualan tidak permanen yang biasanya dibuat di depan rumah penduduk.

Kata dia, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TP PKK provinsi dan kabupaten/kota se-Bali dalam penanganan dampak COVID-19. ‘Penggak PKK’ yang menyediakan bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula, kopi, telur, lauk, sayur mayur dan bumbu-bumbuan, terselenggara dengan memanfaatkan dana secara swadaya dari jajaran pengurus TP PKK se-Bali.

Dalam setiap pelaksanannya, urai Ny Putri Koster Ny Putri Koster, bahan-bahan kebutuhan pokok yang disediakan ‘Penggak PKK’ diperuntukkan bagi 50 orang yang telah ditentukan oleh aparat desa setempat. “Artinya, 50 orang tersebut adalah mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan,” jelas mantan penyiar TVRI Nasional tersebut.

Baca Juga :  SAMBUT NYEPI: BULELENG PASTIKAN KEBUTUHAN POKOK AMAN

Secara lebih spesifik, papa dia, kegiatan ini menyasar para lansia yang notabene masuk kelompok rentan dalam penyebaran COVID-19. Tiap orang yang sudah terdata, secara bergiliran mengambil barang-barang tersebut seperti sedang berbelanja di pasar. Namun, dalam kegiatan ‘Penggak PKK’, semuanya diberikan dengan cuma-cuma. Sejalan dengan protokol pencegahan COVID-19, pihak panitia tetap menerapkan social distancing.

“Kegiatan Penggak PKK murni urunan dari ibu-ibu PKK sebagai wujud kepedulian mereka terhadap situasi prihatin yang dihadapi masyarakat sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Ada yang menyumbang beras, sayur, tempe, pindang dan lainnya. Karena ini murni dari swadaya ibu-ibu PKK, bantuan bisa diberikan lebih dari satu kali. Beda halnya dengan bantuan dari dana pemerintah yang menurut aturan hanya boleh diberikan sekali kepada setiap orang yang berhak menerima,” papar firstlady Bali itu.

Baca Juga :  TOUR RIDE WOMEN CYCLIST CLUB: WAGUB BALI NYATAKAN DUKUNGAN

Menurut data dari Humas Pemprov Bali bahwa, selain bantuan dari dana swadaya, Ny Putri Koster yang merupakan Ketua TP PKK dan Dekranasda Bali juga menyisihkan anggaran yang diperoleh untuk dua lembaga ini untuk penanganan dampak COVID-19. Hingga saat ini, pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa 410,9 ton beras ke seluruh Bali. Selain beras, TP PKK dan Dekranasda Bali juga menyalurkan bantuan berupa 103 ribu buah masker.

Khusus untuk kegiatan Penggak PKK di Kecamatan Selat, Ny Putri Koster menyerahkan bantuan 1.000 buah masker yang diterima oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Selat. Dalam kegiatan ini diserahkan pula bibit tanaman seperti cabai dan terung sebagai bagian dari upaya memperkuat progam HATINYA PKK (Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman).

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *