1
Ming. Sep 20th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

NEW NORMAL: BULELENG SIAPKAN SKEMA RECOVERY EKONOMI JANGKA PENDEK

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Pemkab Buleleng, Bali, saat ini tengah menyiapkan skema pemulihan ekonomi. Paling dekat, disiapkan skema pemulihan ekonomi jangka pendek.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST saat ditemui usai memimpin rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 di Ruang Rapat Lobi Kantor Bupati Buleleng, Kamis (6/8/2020).

Agus menjelaskan saat rapat dengan anggota GTPP COVID-19, ia menggambarkan kondisi riil masyarakat Buleleng saat ini. Di masyarakat pada sektor informal, sampai bulan September 2020 masih bisa bergerak. Hal ini dikarenakan masih panen cengkeh nantinya yang menjadi komoditas unggulan di Buleleng. Ada juga Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang masih mempunyai simpanan mencukupi sampai dengan bulan Oktober 2020. “Sehingga bulan Oktober ke atas ini yang menjadi permasalahan. Sudah kita diskusikan skema ataupun modelnya,” jelasnya.

Baca Juga :  Alam ini ada Pembagian Ruang dan waktu

Seandainya pemerintah pusat mengucurkan dana secara gelondongan ke kabupaten, skemanya bisa dijadikan proyek-proyek kecil yang melibatkan lebih banyak masyarakat. Misalnya, pembuatan rabat beton, membuat saluran irigasi, dan yang lainnya yang bisa menyerap tenaga kerja masyarakat. “Macem-macemlah bentuknya sehingga masyarakat bisa bekerja dan perekonomian bisa berputar,” ujar Agus.

Dia menambahkan, skema jangka pendek bisa berbentuk padat karya yang disebutkan sebelumnya dengan melibatkan banyak masyarakat. Untuk jangka panjang, sementara belum bisa dilakukan. Mengingat, pemulihan ekonomi jangka panjang memerlukan kedisiplinan dari semua pihak. Daerah juga harus bebas dari penularan COVID-19.

Baca Juga :  MALING HANDPHONE MILIK PELAJAR, BUYAR CUMA DITIPIRING

“Jika tidak bebas COVID-19, orang ga akan mau datang. Pariwisata Bali memang sudah dibuka. Namun, siapa yang berani datang kalau negara asalnya belum yakin terhadap kondisi kita. Termasuk kedisiplinan semua pihak menjalankan protokol kesehatan,” tutup Bupati dua periode ini.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *