Berita

Ibu-Ibu Dasa Wisma Pamaron Antosias Ikuti Penyuluhan Kesehatan, Deteksi Dini Kanker Serviks

BULELENG, jarrakposbali.com ! Ibu-Ibu Dasa Wisma RT-01 Nusa Indah, Pemaron, Singaraja, Bali, mendapatkan Penyuluhan Kesehatan Tentang Kanker Serviks bertempat di Balai Pertemuan RT.01 Dusun Dangin Margi, Gang Nusa Indah, Desa Pemaron, Jumat (5/8/2022).

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan oleh DR. dr. Ketut Putra Sedana, Sp.OG, yang merupakan Ketua DPC BMI Buleleng. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Buleleng, Dewa Gede Sugiharto dan Kepala Desa Pemaron Putu Mertayasa.

DR. dr. Ketut Putra Sedana, Sp.OG atau yang akbrab dipanggil dokter Caput, selaku pemberi materi yang merupakan dokter spesialis kandungan memberikan penyuluhan tentang kesehatan perempuan khususnya yang berkaitan dengan penyakit kanker serviks, tentang gejala, resiko dan pencegahan penyakit kanker serviks.

Menurut dokter Caput, penyakit kanker serviks merupakan penyakit yang sangat menakutkan di mata perempuan dimana tingkat kejangkitnya sangat tinggi. Dalam sehari 20-25 orang perempuan meninggal karena penyakit tersebut. Karena itu penting untuk dilakukan penyuluhan mengenai gejala, resiko dan cara pencegahan penyakit tersebut.

Baca Juga :  Kapolda Bali beri semangat anak-anak peserta Vaksinasi Serentak Indonesia

“Peluang penderita kanker serviks untuk sembuh dapat lebih besar jika para perempuan tidak malu untuk memeriksakan gejala-gejala kanker serviks yang terjadi dalam upaya pendeteksian sedini mungkin penyakit kanker serviks,” ujar dokter Caput.

Sehingga menurutnya, penyakit tersebut dapat dihindari. Rendahnya kesadaran perempuan dalam melakukan deteksi dini dan pemeriksaan gejala penyakit kanker serviks menjadi salah satu penyebab angka prevalensi kanker serviks di masyarakat saat ini masih tinggi.

  Jarrak Travel

“Untuk menghidari penyakit kanker serviks penting untuk dilakukan deteksi dini,” imbuhnya.

Lanjutnya, deteksi dini penyakit kanker serviks sangat penting, sebagai upaya untuk memberikan tips kepada para perempuan untuk tidak takut dan tidak khawatir untuk melakukan pemeriksaan dengan Pap Smear dan Tes IVA yang semua puskesmas sudah menyediakan.

“Mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan ini kesehatan masyarakat khususnya Ibu-Ibu Dasa Wisma RT-01 Nusa Indah, Desa Pemaron dapat semakin tinggi lagi,” pungkasnya.

Baca Juga :  Hadiri Ground Breaking PT. Mitra Prodin

Sementara itu, Ketua Ibu-ibu Dasa Wisma RT-01 Nusa Indah, Desa Pemaron, Dyah Siswanti memberikan apresiasi atas penyuluhan kesehatan perempuan khususnya mengenai penyakit kanker serviks yang diberikan oleh dokter Caput.

Dia berharap, ibu-ibu Dasa Wisma RT-01 Nusa Indah, Desa Pemaron yang terdiri dari 52 orang terbagi dalam dua kelompok yaitu Kelompok Dangin Margi dan Kelompok Nusa Indah setelah diberikan penyuluhan kesehatan bisa lebih terbuka dan tidak malu dalam melakukan pemeriksaan Kesehatan bagian dalam Wanita dengan Pap Smear dan Tes IVA untuk pencegahan penyakit kanker serviks sedini mungkin.(ded)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: