1
Sel. Sep 22nd, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

KM BARUNA JAYA RAYA DITEMUKAN TIM SAR, SUDAH BERSANDAR DI PPI SANGSIT

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Tampaknya dewi fortuna masih berpihak pada KM Baruna Jaya Raya bersama ABKnya. Pasalnya, kapal yang sempat dilaporkan hilang di perairan Sapeken akhirnya ditemukan Tum SAR.

KM Baruna Jaya Raya itu Jumat (8/5/2020) pagi ini sudah sandar di PPI. Kapal dengan panjang 24 meter tersebut hendak melaut melalui rute Pelabuhan Sapeken – Pelabuhan Sangsit – Banyuwangi namun di tengah perjalanan kehilangan kontak dan dilapor hilang.

Bagaimana kisahnya? Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada S.E., M.AP, menceritakan bahwa laporan awal diterima pada Kamis (7/5/2020) sore, sekitar pukul 16.20 Wita dari pemilik kapal.

Diceritakan, kapal pengangkut ikan itu membawa 7 POB telah lepas sandar pada hari Rabu (06/5/2020) pukul 22.00 Wita dari Sapeken menuju Sangsit.

Baca Juga :  DIGUYUR HUJAN SEPANJANG HARI, KM 18 JALUR SINGARAJA-DENPASAR LONGSOR

“Estimasi KM Baruna Jaya Raya tiba di Pelabuhan Sangsit seharusnya kemarin, Kamis 7 Mei 2020 kurang lebih pukul 04.00 Wita, namun nyatanya kapal tersebut tak kunjung tiba,” jelasnya.

Maka terjadikan kontak namun terputus. Kontak terakhir yang bisa dilakukan dengan nakhoda kapal, Subhan Husaini pada pukul 23.00 Wita.

Mendapat laporan itu, kata dia, Basarnas Bali berkoordinasi dengan Basarnas Mataram dan SROP Celukan Bawang untuk melakukan pencarian. Pos Pencarian dan Pertolongan Buleleng bergerak melakukan pencarian menuju rute tujuan KM Baruna Jaya Raya dengan menggunakan RIB 04. Sementara itu malam harinya Basarnas Mataram menggerakkan KN SAR 220 dari Pelabuhan Lembar.

Baca Juga :  HUKUM: PERAMPOKAN KEMBALI TERJADI DI GANDARIA JAKARTA SELATAN

“Tim SAR akhirnya berhasil menemukan KM Baruna Jaya Raya pagi tadi sekitar pukul 03.20 Wita, di posisi 7°53’24.54″S – 115° 4’24.54″E, yakni 11,78 Nm dari Pelabuhan Sangsit,” ungkap Darmada.

Selanjutnya kapal SAR milik Basarnas Mataram mengawal pergerakan KM Baruna Jaya Raya menuju Pelabuhan Sangsit. Dua jam berselang tim yang berada di RIB 04 Buleleng melaksanakan intercept sekaligus memandu kapal untuk sandar di PPI Sangsit.

“Keseluruhan 7 POB yang ada di kapal dalam keadaan baik dan telah sandar di Pelabuhan Sangsit Buleleng tadi pagi pukul 07.40 Wita,” pungkas Darmada.

Ketujuh POB itu adalah Subhan Husaini, Mustambri, Dayat, Misbah, Jamal, Risman dan Hendri.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *