1
Ming. Sep 27th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

VIRUS CORONA: GESIT, BUPATI BADUNG DULUAN SERAHKAN BLT KEPADA 1.409 KK

2 min read

MANGUPURA-JARRAKPOSBALI.COM – Tampaknya Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, S.Sos, lebih gesit daripada bupati dan walikota lainnya di Bali.

Bupati yang ber-istana di Kelurahan Sempidi itu langsung menindaklanjuti komitmennya yang ‘seken-seken’ peduli dengan warganya yang tengah dilanda wabah COVID-19 yang berdaMpak merosotnya perekonomian.
Sebagaik bukti, Jumta (8/5/2020) pagi tadi Giri Prasta terjun langsung ke Desa Selat dan Desa Punggul menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT)secara simbolis kepada KK yang berada di bawah garis kemiskinan. Dalam kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta didampingi oleh Camat Abiansemal, Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, S.Sos, serta disambut oleh perangkat desa dan warga setempat.

Sesuai rekap data penerima BLT-DD di Kecamatan Abiansemal tercatat sebanyak 1.409 KK, dengan jumlah di tiap desa sangat bervariasi, mulai dari hanya 3 KK yang diterima oleh Desa Ayunan hingga yang terbanyak Desa Abiansemal Dauh Yeh Cane sebanyak 181 KK.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: BULELENG KEDATANGAN 5 PMI LAGI

Menurut Camat Abiansemal, Arimbawa, bervariasinya jumlah penerima BLT ini tergantung kondisi kelayakan warga yang berhak menerima sesuai dengan kriteria.

“Data penerima BLT ini berdasarkan data yang dikirim pemerintah desa setelah melalui beberapa tahapan dan survei kelayakan oleh kelian dinas masing- masing banjar bersama relawan serta telah diadakan musyawarah desa khusus tentang penerimaan BLT. Sehingga mendapatkan data kondisi warga terkini dan akurat dan selanjutnya di vertifikasi di tingkat kecamatan,” ungkap Camat Arimbawa.

Selaku Camat, kata dia, dirinya senantiasa konsisten menindaklanjuti arahan Bupati dengan berbagai pola di lapangan yang bisa menyentuh langsung kepentingan masyarakat.

Ditanya mengenai jumlah nominal, Camat Arimbawa menjelaskan bahwa tiap- tiap KK mendapat Rp.600.000 per bulan selama tiga bulan ke depan mulai bulan April hingga bulan Juni 2020. Dia menegaskan bahwa warga penerima tidak dikenakan biaya apapun oleh pihak BPD dan tidak ada dana yang harus diendapkan.

Baca Juga :  INFO DEWAN: DPRD BADUNG BELAJAR PERSIAPAN NEW NORMAL KE BULELENG

Apa pesan Bupati Giri Prasta kepada masyarakat? Pada kesempatan tersebut Bupati Badung mengimbau agar dalam menghadapi situasi saat ini untuk meningkatkan semangat gotong royong, dan jangan panik.

“Kelian banjar saya harapkan mampu menyusun data yang valid dan benar karena kelian merupakan ujung tombak terdepan di pemerintahan yang paling paham keberadaan warganya sehingga BLT ini benar- benar tepat sasaran, tepat arah,” tandas Bupati Giri Prasta.
“Yang terpenting ini merupakan langkah cepat berazaskan gotong-royong untuk menangani pandemi COVID-19 di wilayah Badung,” sambung Bupati yang sangat merakyat itu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Badung yang terkenal dengan Bupati ‘bares’ ini secara pribadi beryadnya memberi bantuan dana sebesar Rp.20.000.000 kepada seorang warga Desa Selat di Kecamatan Abiansemal yang kondisi rumahnya sungguh memprihatinkan. Bupati Giri Prasta berharap dana tersebut bisa bermanfaat optimal untuk memperbaiki rumahnya.

Penulis: Beratayasa
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *