BeritaBulelengDaerahEkonomiPemerintahan
Trending

Gedung PLUT Dibangun Buleleng Untuk UKM

SINGARAJA, Jarrak Pos Bali – Kabupaten Buleleng akan segera memiliki Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Gedung PLUT ini berlokasi di Jl. A. Yani di samping Kolam Renang Nirmala Asri, dan pembangunannya diawal dengan groundbreaking pada hari Senin, 6 Juni 2022.

Pembangunan gedung ini merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng kepada UKM yang ada di Buleleng.

Gedung ini diharapkan dapat memberikan manfaat maksimal bagi UKM sekaligus menjadi showing case dalam interaksi ekonomi.

“Saya berharap ke depan Gedung PLUT ini agar dapat menjadi Rumah Besar UMKM dan Koperasi Buleleng,” ujar Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana.

“Dengan mengajak kreator-kreator membuat pameran dan sejenisnya sehingga ruang ini bisa dimanfaatkan sebagai wadah interaksi antar UKM agar lebih kreatif dan inovatif,” lanjutnya.

Jarrak Travel

Sejalan dengan Bupati, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, UKM Kabupaten Buleleng Dewa Made Sudiarta juga mengutarakan tujuan pembangunan gedung ini.

Baca Juga :  Tiga Warga Jadi Terduga Pelaku Pembakaran Rumah di Desa Julah

Yaitu untuk memudahkan akses pelaku UMKM dan koperasi mendapatkan pendampingan melalui pelatihan dan pembinaan.

Serta pemberdayaan guna mewujudkan UKM dan koperasi yang tangguh, berkualitas, berdaya saing, dan mandiri.

“Pelaksanaan pekerjaan fisik Gedung PLUT ini dilaksanakan selama 150 hari kalender yakni dari tanggal 25 Mei tahun 2022 sampai dengan 21 Oktober 2022,” jelas Dewa Made Sudiarta.

“Sumber dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan Kementrian UMKM Tahun 2022 dengan total anggaran sejumlah Rp 8.405.650.000,” imbuhnya.

Nantinya, akan ada empat inkubator bisnis yang dikembangkan pada Gedung PLUT ini meliputi Agribisnis, Kuliner, Kriya, dan Digital.

“Nanti disini ada ruang bukan hanya showing case nanti UKM yang sudah dibina di PLUT adalah UKM yang menjadi sobeannya Buleleng,” ucap Dewa Made Sudiarta.

“Dan nanti disiapkan ruang jual beli produk untuk masyarakat agar bisa membeli produk yang sudah kita kurasi melalui pendampingan di PLUT,” pungkasnya. (fJr/Ag/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: