Berita

Hadir ke Desa, Mahasiswa Diharapkan Bisa Membangun Pasca Pandemi

BULELENG, jarrakposbali.com ! Kehadiran mahasiswa di desa diharapkan bisa membangun desa itu sendiri, khususnya pembangunan dibidang pariwisata, infrastruktur dan terpenting adalah sumber daya manusia.

Hal tersebut disampaikan oleh Perbekel Desa Bengkel Putu Artana, saat acara pembukaan kuliah kerja nyata (KKN) PPM PNB 2022 di Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, Kamis (7/7/2022) kemarin.

Artana menambahkan, demikian juga dengan kehadiran mahasiswa melakukan KKN di Desanya, diharapkan mampu memberikan andil pada kemajuan sumber daya manusia, sektor pariwisata dan pembangunan infrastruktur.

Hal senada disampikan oleh Drs. Gede Ginaya MSi, dosen pembimbing lapangan KKN PPM Desa Bengkel. Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan program kerja yang sesuai dengan urgensi dan potensi desa.

“Itu tentunya bertujuan agar apa yang dilakukan mahasiswa bisa berdampak besar bagi keberlangsungan hidup masyarakat di Desa Bengkel,” tegasnya kemarin.

Baca Juga :  Peringati Hari HAM, Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa 
  Jarrak Travel

Sementara itu Ketua Panitia KKN PPM Desa Bengkel Ade Sila Wantara menerangkan, dalam melaksanakan program kerja yang sudah dibuat, mahasiswa dibagi ke dalam beberapa seksi pengembangan.

Diantaranya, seksi pengembangan potensi desa, seksi pengembangan potensi SDM, seksi dokumentasi dan design, seksi penyusunan laporan, dan seksi lingkungan infrastruktur.

Nantinya masing-masing seksi merancang job descnya masing-masing dan diimplementasikan selama dua minggu kedepan.

“Masing-masing seksi punya peran, ada yang membantu administrasi LPD, ada yang mengajar siswa di Bengkel, ada yang membangun potensi pariwisata. intinya kami akan memberikan yang terbaik yang kami punya untuk Desa Bengkel,” ujarnya.

Berbagai program kerja yang telah disusun pun disambut baik oleh peserta KKN PPM PNB dan kegiatan tersebut menurut mahasiswa sangat baik untuk melatih jiwa sosial mahasiswa dan sebagai jembatan bagi mahasiswa agar lebih siap ditempatkan di masyarakat.

Baca Juga :  KPK LENGKAPI ‘JAGA’ DENGAN FITUR ‘JAGA BANSOS’

Untuk diketahui, kegiatan KKN PPM PNB 2022 di Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, buleleng tersebut diikuti oleh 81 mahasiswa Politeknik Negeri Bali.

KKN PPM merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa program sarjana terapan Politeknik Negeri Bali yang berlangsung dari tanggal 07-20 Juli 2022, dengan mengusung tema “Membangun Negeri Desa Pasca Pandemi”

Kegiatan tersebut diharapkan mampu menjembatani dedikasi mahasiswa untuk menciptakan sumber daya yang lebih baik lagi di desa.(x)

Penulis : (Parwati/Gus Tra)
Editor : Dewa Darmada

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: