BeritaDaerahKlungkung

Jelang Hari Idul Adha, Wabup Kasta Ingatkan Penyakit PMK pada Hewan Kurban

SEMARAPURA, jarrakposbali.com | Menjelang Hari Raya Idul Adha, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta menghimbau masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan timbulnya kasus Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan yang akan dijadikan sebagai hewan kurban. Hal ini disampaikan Wabup Kasta mengunjungi Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, Jumat (8/7/2022).

Sebagai langkah kewaspadaan terhadap PMK menjelang Idul Adha ini, Wabup Kasta meminta Dinas Pertanian segera melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban jenis ternak sapi dan kambing di tempat penampungan/pemasaran, dan tempat pemotongan.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: KAPOLSEK CELUKAN BAWANG PANTAU PENJAGAAN JALAN MASUK DESA TINGA-TINGA

Hewan kurban yang telah ditetapkan/diawasi oleh pemerintah dan memastikan hewan memiliki surat keterangan kesehatan hewan dari dinas/petugas kesehatan hewan. Limbah pemotongan kurban juga harus perlu di perhatikan.

“Hewan yang menunjukan gejala sakit atau ternak yang mati agar langsung dikordinasikan. Dengan memastikan aspek-aspek tersebut, maka hewan kurban yang dipilih aman dari kemungkinan sakit” ujar Wabup Kasta.

Baca Juga :  Sebanyak 6 Orang Pasien Covid-19 di Kota Denpasar Sembuh

Sementara, Kadis Pertanian Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Juanida mengatakan, Kabupaten Klungkung masih dalam Zona Hijau/ yang masih belum ditemukan kasus PMK pada hewan sapi maupun kambing.

“Semoga hewan yang dijadikan kurban dalam kondisi sehat tanpa ada terkontaminasi PMK, ” harapnya. (Tude).

  Jarrak Travel

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: