Berita

Peletakan Batu Pertama Oleh Bupati Tamba, Sirkuit All In One Pengambengan Mulai Dikerjakan

JEMBRANA, jarrakposbali.com ! Pembangunan Sirkuit All in One di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, sudah mulai dilaksanakan, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Jumat (8/7/2022).

Pembangunan Sirkuit All In One tersebut dengan menggunakan anggaran sebesar Rp 2.999.000.000 atau Rp 2,9 miliar lebih, dikerjakan oleh rekanan yang memenangkan proses lelang.

Sebelum pembangunan dimulai, diawali dengan sosialisasi oleh Bupati Tamba kepada masyarakat dan tokoh masyarakat setempat. Pembangunannya akan mendukung pengembangan wisata dan diharapkan bisa menambah PAD Kabupaten Jembrana.

Menurut Bupati Tamba, Kabupaten Jembrana memiliki warisan budaya yang sangat menarik dan telah dikenal dunia. Diantaranya, Tradisi Makepung dan seni Jegog. Menurut Tamba, jika tradisi ini dikembangkan dengan maksimal tentunya akan mengundang daya tarik wisatawan datang ke Jembrana.

Baca Juga :  Ini Sikap Alit Widana Terhadap Sampradaya Hare Krisna dan Saibaba

Destinasi Sirkuit All in One di Desa Pengambengan ini mengambil konsep penggabungan beberapa atraksi dalam 1 lokasi sebagai destinasi wisata.

  Jarrak Travel

“Kita (Jembrana) memiliki warisan budaya jegog dan makepung yang tidak ada di daerah lain. Ini bisa dimanfaatkan sebagai atraksi wisata di Sirkuit ini,” kata Bupati Tamba.

Nantinya, kata Bupati Tamba, Sirkuit All in One yang dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini, akan digunakan sebagai lokasi dilaksanakannya berbagai atraksi yang menjadi kalender event pariwisata Jembrana. Diantaranya, atraksi makepung, Pacuan kuda, lomba layang-layang hingga pertunjungan seni Jegog.

Hal tersebut diyakini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Jembrana, menuju Jembrana Emas 2026 mendatang.

Disamping itu menurut Bupati Tamba, beberapa pegelaran budaya juga akan dilakanakan di sirkuit tersebut. Diantaranya arisan burung dara, layang-layang, petik laut dan budaya menarik lainnya.

Baca Juga :  SEPASANG REMAJA MANDI DI PANTAI JIMBARAN, DIHANTAM OMBAK, SATU TEWAS

Menyambut akan hadirnya banyak wisatawan ke sirkuit ini, Bupati Tamba menginginkan masyarakat untuk kreatif. Baik dalam kesenian maupun menyediakan berbagai olahan jajanan.

Bupati Tamba menambahkan pembangunan Sirkuit All In One tersebut sejalan dengan target Jembrana Emas di tahun 2026 nanti. Menurutnya, ground breaking jalan tol Gilimanuk-Mengwi juga akan dilaksanakan pada bulan September ini. Setelah jalan tol rampung, dirinya yakin akan lebih banyak wisatawan ke Jembrana.

Dalam proses pembangunan, Bupati Tamba juga meminta dukungan masyarakat. Karena dalam proses pembangunan nanti, kemungkinan ada sedikit mengganggu aktivitas masyarakat sekitar.(ded)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: