BeritaDaerah

Patut Dicontoh! Dua Desa Adat dan Satu Desa Dinas di Jembrana Kompak Lestarikan Budaya dan Bahasa Bali

JEMBRANA, jarrakposbali.com |  Berbeda dengan desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Jembrana, Bulan Bahasa Bali ke IV, tahun 2022 di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, menggabungkan dua Desa Adat dan Desa Dinas.

Bulan Bahasa Bali ke IV di Desa Kaliakah diselenggarakan dibawah kordinator Perbekel Kaliakah I Made Bagiarta dengan menggandeng Desa Adat Darma Kerti Kaliakah dan Desa Adat Darma Laksana Kaliakah Kauh. Tempat pelaksaan di wantilan Desa Kaliakah, Jumat, 18 Februari 2022.

“Kami sengaja pelaksanaanya menggabungkan dua desa adat dengan desa dinas agar terjadi kekompokan atau senerginitas yang baik di desa dalam upaya menjaga dan melestarikan budaya dan bahasa Bali,” terang Bagiarta ditemui redaksi jarrakposbali.com, Jumat (18/2/2022).

Kegiatan Bulan Bahasa Bali ke IV kali ini menurut Bagiarta, berlangsung satu hari dan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Jumlah peserta diambil dari masing-masing banjar dengan total peserta sebanyak 42 orang.

“Kegiatan diisi dengan berbagai kegiatan lomba, diantaranya Nyurat Bahasa Bali, Nguwacen Bahasa Bali, Mesatue Bali dan Mewirama. Kegiatan lomba masih berlangsung hingga saat ini. Nanti siapa-siapa juaranya akan kami infokan menyusul,” ujarnya.

Bagiarta menambahkan kegiatan Bulan Bahasa Bali ke IV tahun 2022 ini dilaksanakan mengacu dengan Perbub no. 80 tahun 2021, tentang Bulan Bahasa Bali. Kegiatan ini menurutnya, sebagai upaya menjaga dan melestarikan budaya dan Bahasa Bali, terutama terhadap kaum melenial yang cendrung melupakan budaya dan bahasa Bali dalam pergaulan sehari-hari.(ded)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button