BeritaBulelengDaerahKeagamaan
Trending

Unik! Kirab Kambing di Kota Singaraja

Meriahkan Idul Adha 2022

SINGARAJA, Jarrak Pos Bali – Kegiatan kirab kambing keliling Kota Singaraja memeriahkan hari raya Idul Adha 2022 di Bali Utara.

Kegiatan unik terjadi di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng yakni kirab kambing yang digelar oleh Masjid Agung Jami’ Singaraja.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat, 8 Juli 2022 sore itu, dilakukan dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari raya Idul Adha 1443 H atau 2022 M.

Tampak kambing yang akan dijadikan hewan kurban itu, dipakaikan kustom dari kain yang sudah digambar berkaitan dengan Idul Adha.

Adapun Kirab Hewan Qurban 2022 ini, melewati rute dari Masjid Agung Jami’ Singaraja, kemudian Jalan Nangka, lalu Jalan Hasanudin.

Selanjutnya Jalan Jambu, masuk ke Jalan Sawo, lalu Jalan Diponegoro, kemudian Jalan Imam Bonjol, dan berakhir di Masjid Agung Jami’ Singaraja.

  Jarrak Travel
Baca Juga :  Dibuka Resmi Kakanwil Kemenkumham Bali, Direktorat Jenderal Imigrasi Gelar Rapat Koordinasi Perwakilan Asing Wilayah Bali
Baca Juga :  AMBARA Geruduk Kantor DPRD Buleleng
Baca Juga :  Pelaku Vandalisme Pura Gubug Danau Tamblingan Disebut Bukan Siswa

Sebagai momen hiburan

Sekjen Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Agung Jami’ Singaraja, Muhammad Rezza Yunus; menyebutkan kegiatan ini baru pertama kali dilakukan.

Menurutnya, ini sebagai bentuk hiburan bagi masyarakat Muslim Kampung Kajanan sebagai pengganti hiburan saat proses pemotongan sapi.

Sehingga dengan adanya kirab kambing bertajuk Kirab Hewan Qurban 2022 ini, dapat memberikan sesuatu yang dapat dikenang oleh masyarakat.

“Biasanya hiburan itu kami berikan saat pemotongan hewan sapi di areal Masjid. Tapi tahun ini pemotongan sapi dilakukan di Rumah Potong Hewan Pemaron,” ujarnya.

“Karena itu kami ingin membuat sesuatu yang bisa dikenang oleh masyarakat, ya kami gelar kirab ini,” tambah Rezza.

“Juga berisi ajakan kepada masyarakat untuk berqurban di tahun-tahun mendatang,” imbuh Sekjen BKM Masjid Agung Jami’ Singaraja itu.

Sejatinya, ada 15 ekor kambing dan tujuh ekor sapi yang akan dijadikan kurban namun yang dikirab hanya tujuh ekor kambing saja.

Kirab Kambing di Buleleng
Kambing yang sudah dipakaikan kostum bergambarkan narasi mengenai Idul Adha. Foto: Ist.

Sementara Ketua BKM Masjid Agung Jami’ Singaraja, H. Hidayat Achdar; berharap momen ini ke depannya dapat dijadikan event pariwisata.

Selain sebagai momen hiburan bagi masyarakat serta anak-anak.

“Ke depan akan dibuat lebih bagus dan menarik sehingga nantinya bisa menjadi event pariwisata,” kata pria yang akrab disapa Bang Dayat itu.

“Ini akan kami jadikan event rutin,” pungkasnya. (fJr/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: