EkonomiLingkungan HidupTNI

Holtikultura, Sasaran Fisik Tambahan TMMD ke 111 di Lahan Seluas 1,4 Hektar

KARANGASEM,JARRAKPOSBALI.com | Setelah beberapa waktu lalu dilaksanakan pembukaan lahan oleh satgas TMMD Bukit Galah, tiba waktunya di lokasi pembukaan lahan tersebut dilaksanakan kegiatan sasaran fisik tambahan TMMD ke 111 Kodim 1623/Karangasem berupa penanaman holtikultura dengan jenis tanaman meliputi : ketela pohon, umbi talas, undis, kangkung darat dan sayur buncis serta tanaman holtikultura lain yang memang cocok pada lahan pertanian di Banjar Dinas Sogra.

Atas seijin Komandan Kodim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa, Kasdim 1623/Karangasem memimpin penanaman tersebut selaku Katim Asistensi Mayor Inf Puji Wuliyono, S.Pd. bersama Satgas TMMD ke 111 dan masyarakat Bukit Galah, penanaman holtikultura dilaksanakan dengan bergotong royong dan penuh rasa syukur. Jumat, 9 Juli 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dan SSK TMMD Kapten Inf I Made Ardjana, Pasiterdim 1623/Karangasem Kapten Inf I Wayan Suatma, Bendesa Adat Bukit Galah I Putu Suyasa, S.Kom

Baca Juga :  Presiden Tetapkan Airlangga sebagai Ketua Presidensi G20 Indonesia

Dalam penanaman holtikultura di lokasi pembukaan lahan seluas 1,4 hektar, Selaku Katim Asistensi Mayor Inf Puji Wuliyono, S.Pd. dan satgas TMMD serta masyarakat memberikan sedikit ulasan tentang hortikultura yang intinya berasal dari bahasa Latin yaitu hortus dan cultura. Hortus berarti tanaman kebun dan cultura berarti budidaya. Jadi, tanaman jenis holtikultura adalah jenis tanaman budidaya yang ditanam di kebun. Jenis tanaman ini merupakan jenis tanaman yang paling banyak ditanam oleh masyarakat, ujarnya.

Setelah memberikan sedikit ulasan tentang holtikultura, dilanjutkan dengan penanaman secara serentak di lahan pertanian seluas 1,4 Hektar milik Desa Adat Bukit Galah.

Gerakan ini bertujuan memberikan motivasi dan semangat kepada para petani di wilayah Bukit Galah untuk ketahanan pangan demi meningkatkan kesejahtraan masyarakat di Bukit Galah dengan memanfaatkan kebun yang selama ini menjadi lahan savana atau lahan tidur, ucap Katim Asistensi Mayor Inf Puji Wuliyono, S.Pd.

Baca Juga :  Jelang Hari Jadi Polwan ke 73 Srikandi Polres Karangasem Peduli Lingkungan di Pantai Jasri

Bendesa Adat Bukit Galah, I Putu Suyasa S.Kom yang terlibat dalam penanaman bibit mengatakan “sangat mengapresiasi kinerja TMMD dimana selama ini merupakan lahan tidur yang tidak digarap dan dengan kehadiran satgas sangat membantu masyarakat untuk kembali membuka lahan demi ketahanan pangan selama masa pandemi Covid-19”.paparnya.

Kegiatan penanaman holtikultura berakhir pada Pukul 16.00 wita, dimana kegiatan penanaman lahan pertanian program TMMD ke 111 selesai dengan lancar dan aman, dengan tetap memegang protokol kesehatan. /je

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: