Berita

Agar Pahami Hak Dan Kewajiban Pekerja,Pengurus F.SP Bali PUK Club Med Ikuti Diklat

DENPASAR, jarrakposbali.com | Nasib karyawan/ buruh akan sangat rentan menjadi bulan- bulanan bagi oknum Management ataupun Ownernya suatu perusahaan bilamana dalam perusahaan tersebut tidak ada sebuah organisasi yang menaunginya.

Untuk membela dan memperjuangkan nasib mereka tidak cukup hanya dilakukan oleh pihak pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja saja karena keterbatasan kemampuan menjangkau hingga ke lini bawah.

Untuk itu,tidak ada alasan bagi suatu perusahaan untuk tidak memberikan keleluasaan bagi karyawannya untuk berserikat dan berkumpul dan membentuk suatu organisasi yang mampu melindungi hak- hak mereka.Dan ini sudah jelas tertuang dalam Undang- Undang Dasar 1945.

Salah satu wadah yang sudah terbentuk sejak lama yaitu: Federasi Serikat Pekerja Bali yang anggotaannya ribuan karyawan hotel yang ada di Bali.

Dan siang ini,Sabtu(09/07/2022) Ketua DPD Federasi Serikat Pekerja Bali( F.SP.Bali),I Putu Semara Kandi,SH.menerima kehadiran Pengurus F.SP Bali PUK Club Med yang baru untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan( Diklat) mengenai serikat pekerja dan hubungan industrial

Diklat yang dimulai pukul 09.00Wita dan berakhir pukul 13.00 Wita di kantor F.SP.Bali yang berlokasi di Jl.Kertapura IV/7 ini terdiri dari Ketua F.SP.Bali PUK Club Med, I Kadek Antara,wakil ketua l,I Ketut.Sunaba,SH.,wakil ketua ll,I Gede Mandi,sektretaris umum,Ni Luh Cacik Maryati,serta semua pengurus yang baru dilantik.

Baca Juga :  Mih Dewa Ratu...! Viral, Minta Tiang Listrik Dipindah dari Pekarangan Rumahnya, PLN Minta Biaya Rp 12 Juta Lebih ke Pemilik Lahan
  Jarrak Travel
Ketua DPD F.SP.Bali,I Putu Semara Kandi,SH.menyerahkan sertifikat Diklat kepada Ketua F.SP.Bali PUK Club Med,I Kadek Antara

Menurut Semara Kandi,Diklat seperti ini merupakan pembekalan yang sangat penting dilakukan.

“Memang kegiatan Diklat seperti ini saya nilai penting untuk dilakukan lebih- lebih bagi para pengurus yang baru.Karena sebagai seorang pengurus Serikat Pekerja tidak cukup hanya sekedar vokal atau berani ngomong kepada Management ataupun Owner perusahaan,tapi keberanian harus dibentengi dengan wawasan yang luas dan pengetahuan tentang hukum.Kalau tidak begitu akan tercipta argumentasi ngawur dan gampang dipatahkan oleh Management.Nah,kalau sudah begini,apa bisa kita selaku pengurus membela dan melindungi hak- hak pekerja?” tandas praktisi hukum ini.

Baca Juga :  Buka Seminar Keperawatan, Bupati Suwirta Minta Perawat Tingkatkan Profosionalisma Kerja

“Maka dari itu,kedepannya Diklat ini akan kita lakukan secara berkelanjutan kepada setiap pengurus pengurus baru di semua PUK,meskipun masih ada pengurus lama yang terpilih kembali.Ini kami lakukan dengan harapan semua pengurus baik yang sudah senior,maupun yang pemula agar benar- benar siap menjalankan tugasnya di masing-masing perusahaan.Sehingga apabila anggota ada yang tersandung masalah atau mendapat perlakuan tidak adil,pengurus mampu menyelesaikan dengan baik,”ungkap Semara Kandi yang juga merupakan karyawan di salah satu hotel di Kuta ini.

Semua pengurus yang mengikuti Diklat tersebut diberikan sertifikat dan diserahkan langsung oleh Ketua DPD F.SP.Bali diakhir acara. (asa)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: