1
Jum. Sep 18th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

TATA KOTA SINGARAJA: DAPAT RP 21 M DARI KEMEN PUPR, BANGUN TROTOAR 24 KM

2 min read

JAKARTA-JARRAKPOSBALI.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buleleng, Bali, kembali melakukan upaya penataan kawasan perkotaan.

Salah satunya adalah pembangunan fasilitas khusus pejalan kaki (trotoar) sepanjang Jalan Gajahmada, Jalan Dr.Sutomo, dan Jalan A.Yani Singaraja, yang panjangnya mencapai kurang lebih 24 kilometer.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara Pemkab Buleleng bersama Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan Ditjen Bina Marga, di kantor Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Jakarta Pusat, Senin (10/3/2020).

Usai pertemuan, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST, yang juga selaku pimpinan rombongan Pemkab Buleleng menjelaskan bhawa upaya ini sangat tepat dilakukan agar masyarakat merasakan aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas. Mengingat, sudah memasuki musim penghujan diharapkan juga dengan adanya trotoar ini dapat mencegah air masuk ke jalan.

Rencananya, sebut Bupati Agus, proyek trotoar tersebut akan mulai digarap pada tahun 2020 ini. Dalam diskusi tersebut juga tercetus usulan penanganan Pantai Penimbangan sampai di kawasan Pantai Lovina dengan menjaga sepadan pantai guna terlihat rapi dan lebih indah.

Baca Juga :  JELANG GALUNGAN, WABUP SUTJIDRA INGATKAN PETERNAK JAGA HYGIENE SANITASI KANDANG BABI

Nantinya, lanjutnya, proyek tersebut akan menggunakan sumber dana yang berkolaborasi dari APBD dan APBN Pusat. “Ini sebagai bukti keseriusan Pemkab Buleleng dalam upaya pembangunan, salah satunya penataan kota. Jadi semuanya akan kita tata,” ujar Bupati Agus.

Sementara itu, Subdit Pemrograman Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan Ditjen Bina Marga, Oktaviano Dewo Satriyo saat memimpin pertemuan mengungkapkan bahwa usulan Pemkab Buleleng terhadap fasilitas trotoar telah diterima dengan alokasi anggaran mecapai Rp 21 milyar yang rencananya akan dikerjakan pada tahun 2020.
Menurutnya, dengan status jalan yang sudah jelas ini akan mempermudah dalam hal memfasilitasinya. Untuk diketahui, bahwasannya ruas jalan yang diusulkan oleh Pemkab Buleleng tersebut merupakan status jalan nasional yang pembiayaannya bersumber dari pusat.

Baca Juga :  LELANG JABATAN: TIGA CAMAT REBUTAN JABATAN KADISBUD BULELENG

“Kami dari Pemerintah pusat sangat berterimakasih, karena Pemerintah Kabupaten Buleleng sudah mau datang kesini berkoordinasi. Yang jelas berkasnya sudah kami terima dan akan segera kami tindaklanjuti ,” ungkapnya.

Sementara itu, ditemui di lokasi yang sama, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buleleng, Putu Adipta Ekaputra, ST, MT, menambahkan pihaknya bersyukur Kabupaten Buleleng mendapatkan bantuan dari Kementerian PUPR guna pembangunan trotoar di kawasan perkotaan.

Kata dia, pengerjaan proyek trotoar tersebut tinggal menunggu pemenang tender. “Hari ini kita sudah bertemu dengan pihak Bina Marga sesuai apa yang disampaikan tadi, jika tidak ada perubahan anggaran tahun ini proyek trotoar di Buleleng akan segera dikerjakan,” pungkas Adipta.

Penulis: Junior
Editor: Francelino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *