Berita

Implementasikan Program Ketahanan Pangan, Desa Sangeh Bentuk Kelompok Budidaya Lele

MANGUPURA, jarrakposbali.com | Langkah cepat dan terarah yang dilakukan Perbekel  Desa Sangeh, I Made Werdiana, patut diapresiasi.

Betapa tidak, program pemerintah pusat dalam upaya menjaga ketahanan pangan dengan sigap direspon dan direalisasikannya salah satunya dalam bentuk usaha budidaya ikan lele dengan membentuk kelompok- kelompok usaha ikan lele di tiap-tiap banjar.

Desa Dinas Sangeh yang terdiri dari delapan banjar di bagi menjadi 16 kelompok, di mana masing- masing kelompok beranggotakan sepuluh orang ditambah seorang ketua, sekretaris dan bendahara.

Tiap kelompok diberikan dua unit kolam terpal berdiameter 3 meter dan berdiameter 1,5 meter.

Baca Juga :  CATATAN RINGAN: PDIP TEGAS TERHADAP PELANGGAR ATURAN; BAGAIMANA DENGAN NASDEM?

Untuk benih dan pakannya pun ditanggung oleh pihak pemerintah desa. Pihak kelompok hanya memberikan pakan dan melakukan perawatan saja tanpa perlu mengeluarkan biaya. Keuntungannya pun akan dinikmati oleh semua anggota, hanya 2,5% disetor ke desa.

Dan untuk menyamakan persepsi serta menambah wawasan bagaimana merawat dan memelihara ikan lele dengan baik dan benar, semua anggota kelompok diberikan penyuluhan secara khusus oleh Dinas Perikanan Kabupaten Badung yang diwakili oleh Koordinator Penyuluh, Ni Made Rastini dan juga didampingi Ni Luh Saras.

Baca Juga :  Hormati Pendiri Kerajaan Buleleng, Gubernur Bali Wayan Koster, Membangun Patung Ki Barak Panji Sakti
  Jarrak Travel

Rastini memberikan penjelasan secara gamblang mulai dari bagaimana cara memilih benih yang baik,ciri-ciri benih yang sehat dan yang kurang sehat,teknik pemberian pakan yang tepat, bagaimana mengantisipasi serangan penyakit serta mentreatmen air kolam.

Penyuluhan yang dimulai pukul 09.00 Wita tanpa terasa melampaui pukul 12.00 karena begitu antusiasnya peserta mengikuti serta proaktif mengajukan pertanyaan menyangkut tema di atas.

Sebelum penyuluhan berakhir, Sekdes Sangeh, I Ketut Suarjaya memberikan pengarahan agar semua kelompok betul-betul serius.(x)

Penulis : Bratayasa
Editor    : Dewa Darmada

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: