1
Rab. Sep 23rd, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

CATATAN DARI SEMINAR STIKES BULELENG: “INDONESIAN NURSES BEYOND THE WORLD”

3 min read

KOLOM-JARRAKPOSBALI.COM- Orang yang bersyukur selalu menghiasi wajahnya dengan senyuman yang empati. Karena jalan yang terindah dari kehidupan di bumi ini, adalah selalu mensyukuri apa yang telah kita jalani setiap hari tanpa ada penyesalan diri, karena bila muncul kegagalan, itu merupakan cara Tuhan membimbing untuk lebih optimis dan siap dengan kesuksesan yang akan disuguhkan kepada umatnya yang telah berjuang menuju profesional diri dan profesi.

Termasuk mulai hari Rabu, 11 Maret hingga 13 Maret 2020 kurang lebih 850 orang mahasiswa STIKES BULELENG khususnya, Perawat dari semester 2 hingga Profesi Ners, sedang mengikuti seminar, workshop, try out, berskala Internasional dengan tema ” INDONESIAN NURSES BEYOND THE WORLD “. TRYOUT and PRACTICAL STRATEGY NCLEX & HAAD EXAMNATION di STIKES BULELENG CONVENTION CENTER. Dengan penuh rasa syukur dan empati.

Kegiatan ini, menjawab tingginya minat para mahasiswa keperawatan untuk bekerja di luar negeri sekaligus tantangan yang harus siap mereka hadapi sebagai tenaga profesional dibidang pelayanan kesehatan.

Kegiatan ini bekerja sama dengan IN ASSOCIATION AND CULTURAL ATTACHE, Pendidikan dan Budaya Kedutaan Besar Indonesia (INDONESIAN EMBASSY)-Manila, PHILIPPINES, Dr. Lili NurLaili, M.Ed selaku Education and Cultural Attache.

Ketua STIKES Buleleng, Dr. Ns I Made Sundayana S.Kep,M.Si, mensyukuri rencana yang dipetakan dari dulu telah menjadi kenyataan hingga kegiatan ini, selama 3 hari dapat dilangsungkan. Nantinya peserta dapat membuat dan beradaptasi serta menjawab sekaligus menyelesaikan test dengan penuh kualitas, sehingga dapat menyesuaikan diri di lahan kerja di luar negeri seperti Jepang, Thailand, Philipine, Belanda, Australia dan lain-lain.

Baca Juga :  INFO PERBATASAN RI-TIMOR LESTE: SATGAS YONIF R 142/KJ SOSIALIASI PENCEGAHAN COVID-19

Dr. Lili NurLaili M.Ed selaku Education and Cultural Attache, tidak kalah memotivasi dan mensugesti para peserta yang sangat antusias, naluri, sikap dan percaya diri, sepertinya peserta dihipnotis sekaligus siap dengan tantangan soal yang disuguhkan siap dijawab dengan benar sebagai bekal kompetensi di lahan bekerja di luar negeri.

Narasumber yang ditampilkan dalam seminar ini sangat berkompetensi di bidangnya dan memiliki pengalaman internasional seperti, Jeremy Rod Gini Cabanez, MN, RN (Top Rank Academy Manila Philippines ), Laica M Tolentino (Top Rank Academy Manila Philippine ), Ns. Ni Kadek Diah Purnamayanti, S.Kep.M.Kep. (Nursing Faculty ), dan Dr. Ns. I Made Sundayana, S.Kep.M.Si (Director of STIKES Buleleng, Bali).

Sedangkan moderator yang juga dosen Prodi Keperawatan, generasi millenial cerdas, yaitu Ns. Made Yos Kresnayana, S.Kep.M.Kep. Kresnayana adalah jebolan Strata 2 Prodi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2019.

Tujuan kegiatan ini? Tujuannya adalah mempersiapkan mahasiswa STIKES Buleleng khususnya perawat untuk mampu dan berkualitas bersaing di dunia global, yang sudah siap bekerja di luar negeri guna peningkatan kesejahteraan hidup.

Salah satu peserta yang dikerumuni juga oleh peserta lainnya adalah Lusiana Eda Kore Ratu NIM: 16089014061 Semester VIII A yang sedang menyusun tugas akhir dengan judul skripsi “Hubungan Verbal Bullying Terhadap Kepercayaan diri Remaja di SMK Negeri 1 Kubutambahan”.

Lusiana berpandangan bahwa seminar, workshop dan tryout selama 3 hari ini sangat membantu para mahasiswa termasuk dirinya sekaligus memberi andil untuk mengenal model-model soal bertaraf internasional sehingga bisa melatih dan memberi mahasiswa model dan kualitas test yang mereka dapatkan untuk siap bekerja di luar negeri.

Baca Juga :  CETAK UANG KERTAS PECAHAN RP 75.000, BI SERAHKAN KEPADA WAGUB BALI

“Kami jujur pemahaman dan kebiasaan berbahasa Inggris hendaknya sudah di wujud nyatakan di lembaga STIKES Buleleng ini dengan sistem kemerdekaan belajar, sehingga keinginan untuk mendalami tumbuh sebagai kawan yang selalu menyapa kami sebelum berlaga di medan kerja di luar negeri,” jelas Lusiana.

Panitia sangat bekerja cepat, cerdas, dan kental kolaborasi take and give, sehingga kesuksesan sepertinya memberi andil besar dalam event-event yang lebih besar lagi yang di hadirkan oleh sang Top Management. Sekaligus menambah pengalaman untuk dan biasa menghasilkan kerja dan kualitas dengan rasa Syukur tinggi, kompetensi yang Luar Biasa, merasa terpanggil demi kemajuan lembaga tercinta kita yaitu “STIKES BULELENG siap menjawab harapan dan ambisi tenaga kerja yang berkualitas dan Go Internasional”.

Menariknya, Ketua STIKES Buleleng DR Ns I Made Sundayana, S.Kep.M.Si, memberikan perhatian luar biasa kepada panitia dan seluruh civitas akademika. Sebagai bukti Wayan Antariksa, dosen STIKES Buleleng, yang telah menyelesaikan pendidikan Strata 3 (Doktor) di Manilla, Philipina. Antarika memiliki andil besar hingga terlaksana kegiatan ini.

“Sehingga para tamu/narasumber mampu memberikan sebuah penghargaan atas kualitas keberadaan lembaga kita ini. Sepertinya para generasi muda millenial tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sudah tidak ragu lagi untuk melangkah menuju pada kualitas diri siap tantangan yang nantinya menikmati sebuah hasil kerja yang menyapa diri kita, keluarga, lembaga, sebuah kesejahteraan lahir bathin,” tandas Sundayana. Semoga!!!

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *