BeritaDaerahTabanan

Puluhan Ratu Tapakan Barong Dari Seluruh Bali Kumpul di Pura Luhur Pucak Padang Dawa

TABANAN, jarrakposbali.com | Pura Luhur Pucak Padang Dawa yang berlokasi di Desa Bangli,Kecamatan Baturiti,Tabanan dilakukan pemugaran beberapa pelinggih dan memperluas areal pura yang menelan waktu cukup lama.Dan selama pemugaran berlangsung upacara Piodalan dan Pengoleman (mengundang) Ratu Tapakan Barong pun ditiadakan.

Akhirnya tahun ini pemugaran pun selesai,dan hari piodalan yang jatuh pada Hari Rabu,Wuku Pahang( 13/07/2022) yang bertepatan dengan Purnama Kasa bisa dilaksanakan dengan mengambil tingkat Piodalan Tawur Rsi Gana Catur Rebah.

Odalan saat ini kembali bisa ngolemin( mengundang) puluhan Tapakan Ratu Barong dari beberapa Kabupaten di Bali,seperti dari KabupatenTabanan,Badung,Gianyar bahkan dari Kabupaten Buleleng.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: DI BULELENG, 3 PASIEN SEMBUH AND NO OPD

Pura Luhur Pucak Padang Dawa merupakan stana dari Hyang Widhi dalam manifestasi Beliau sebagai Sang Hyang Siwa Pasupati.Sehingga tidak heran banyak Tapakan Ratu Barong yang memohon pasupati di Pura Kahyangan Jagat ini.Dan yang dipasupati biasanya setiap odalan akan rutin diiring ke sini.

Menurut Nyoman Wita,salah seorang pengiring Ratu Tapakan Barong Pura Bebalang,Carangsari,Ratu Tapakannya sudah sejak Hari Selasa( 12/07/2022) diiring ke Pura Luhur Pucak Padang Dawa ini.

  Jarrak Travel

“Kami sudah sejak kemarin ngiring dan mekemit (bermalam) di sini.Besok baru Ratu Tapakan akan kami iring budal (kembali). Memang setiap odalan nadi (jelih) Ratu Tapakan kami diiring ke pura ini. Karena dulu di pasupati di sini,” ucapnya.

Menurut pantauan awak media,suasana di Pura Luhur Pucak Padang Dawa sejak pagi dipenuhi pemedek (umat) yang tangkil.Suasana mendung bahkan hujan yang sempat mengguyur dengan suhu udara yang dingin tidak mengendorkan rasa bakti mereka, bahkan banyak pengiring dari masing-masing Tapakan yang mekemit di pura.

Untuk diketahui, Upacasa Piodalan akan nyejer( berlangsung) selama tiga hari dan akan disinep (ditutup) Hari Sabtu mendatang. (Bratayasa)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: