Berita

Atasi Kesulitan Air Bersih, TNI Resmikan 100 Pompa Hidrand Di Desa Ayunan

MANGUPURA, jarrakposbali.com | Pembangunan 100 titik pompa hidrand di Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal, Badung, diresmikan Kasad Jendral TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E, M.M, secara vidio conference (vicom), Sabtu (13/8/2022).

Langkah ini merupakan bentuk nyata TNI AD manunggal dengan rakyat, untuk memecahkan masalah dalam mengatasi kesulitan air bersih serta mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan.

Proses pengerjaan pompa hidrand ini direncanakan rampung dalam tiga bulan, yang awal pengerjaannya di mulai pada bulam maret 2022 lalu, namun dikarnakan medan yang berat dan cuaca yang kurang mendukung mengakibatkan waktu pengerjaan bertambah menjadi lima bulan, dan rampung dikerjakan pada Agustus 2022 ini.

Sistem kerja dari pompa hidrand ini dimulai dari sumber air menuju ke bak transit, dialirkan ke rumah pompa, kemudian ditampung di bak primer, selanjutnya dialirkan ke sungai untuk diutamakan mengaliri sawah sekitar 122 hektare milik 340 orang angota subak di Desa Ayunan.

Baca Juga :  Pengendara Harap Hati-Hati, Banyak Kera Cari Makan di Pinggir Jalan Berkiaran

Diketahui, 100 pompa yang baru diresmika ini juga merupakan pompa yang ramah lingkungan, dimana ponpa tersebut bekerja dengan menggunakan energi kinetik dari air dan tanpa bahan bakar, sehingga hemat energi dan bahan bakar.

Masyarakat setempat yang kebanyakan berprofesi sebagai petani mengaku sangat gembira dan berterima kasih kepada semua jajaran pemerintah yang sudah memberikan bantuan tersebut kepada masyarakat dan krama Subak Ayunan.

Baca Juga :  Karendal Polres Karangasem Perintahkan Para Kapolsek Jajaran sebagai Perwira Pengendali Percepatan Vaksinasi di Wilayah Hukum masing-masing
  Jarrak Travel

Mereka berharap, setelah mendapat bantuan ini mereka dapat diepemudah untuk pengolahan lahan terutama di bidang perairan, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian dan ketahanan pangan di daerah tersebut.

Dipimpin Danrem 163/WSA Brigjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., kegiatan tersebut diikuti sekitar 150 peserta, diantaranya Danrem 163/Wsa, Kasrem 163/WSA, Kadis Pertanian Kabupaten Badung, Dandim 1611/Badung, Kajari Kabupaten Badung, Kasdim Kabupaten Badung

Selain itu, Kapolsek Abiansemal, Sekcam Abiansemal, Perangkat Desa Adat dan Dinas Desa Ayunan, krama subak, Babinsa dan Babinkamtibnas Desa Ayunan, dan puluhan masyarakat Desa Ayunan, serta pejabat terkait lainnya. (Asa)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: