Lingkungan HidupTNI

Rencana Pemasangan Pompa Hidram, Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf. bima Santosa Meninjau 3 Sumber Mata Air Di Kecamatan Abang

KARANGASEM,JARRAKPOSBALI.com | Wilayah Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa melaksanakan pengecekan 3 sumber mata air rencana pemasangan Pompa Hidram Program Kodam IX/Udayana. Senin, 13 September 2021.

Kecamatan Abang mempunyai beberapa sumber air yang melimpah dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun sumber air tersebut ada berbagai macam sifat, tempat atau keberadaannya. Salah satunya ada yang bersifat asam sehingga masyarakat menggunakan sumber air PDAM, sumber air yang ada terletak jauh dari kediaman masyarakat, juga ada yang jauh di bawah sehingga perlu upaya/cara, guna masyarakat dapat memanfaatkanya dengan mudah. Artinya dengan melimpahnya sumber air di Abang dapat memanfaatkan dengan cepat dan tepat.

Lokasi yang dilakukan pengecekan sumber mata Air Yeh Masem di Banjar Dinas Sega Desa Bunutan, Sumber Air Andong di Desa Kesimpar Kelod, Sumber Air pemandian Desa Pidpid.

Baca Juga :  Selain Bangun Jembatan, Satgas TMMD Kebut Buka Lahan Pertanian

Hadir dalam kegiatan Babinsa Bunutan Serka I Wayan Dana, Babinsa Kesimpar Serka I Ketut Pica, Babinsa Pidpid Serda I Kadek Marsi, Babinsa Datah Serma I Made Karyawan, Perbekel Kesimpar I Gede Intaran.

Sumber mata Air Yeh Masem di Banjar Dinas Sega, Desa Bunutan, kemungkinan tidak bisa di pasang Pompa Hidram mengingat rasa Air tersebut Asam, disamping warga disekitar telah menggunakan sumber air PDAM.

Untuk sumber Air Andong, di Desa Kesimpar Kelod Desa Kesimpar, Perbekel Kesimpar I Gede Intaran mengatakan “Sumber air tersebut saat ini telah menggunakan Pamsimas (Program Nasional Penyediaan Air Minum Masyarakat) tahun 2020 tepatnya dioperasionalkan pada tanggal 27 Desember 2021, namun pada tahun 2014 sempat di pasang Pompa Hidram mengalir selama 6 bulan dan terjadi kerusakan, sehingga pada tahun 2017 dilakukan perbaikan, tahun 2018 bisa dioperasionalkan”, paparnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Poltekpar Bali siap Bantu Promosikan Wisata Bakas Ala Anak Milenial

Lebih lanjut diterangkan, “Setelah ada program Pamsimas Pompa Hidram tidak difungsikan karena debit air ke pompa sangat kecil. Rencana kedepan dari Perbekel Desa Kesimpar I Gede Intaran pompa Hidram akan difungsikan lagi untuk pencairan kebun menggunakan air limbah dari mandi dan cuci warga mengingat air tersebut cukup banyak”, tambahnya.

Penyampaian Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa di lokasi mata air, menjelaskan “sangat mengapresiasi dengan penjelasan baik Babinsa maupun Perbekel Desa Kesimpar, kedepan akan terus berupaya melakukan pengecekan sumber-sumber air yang ada di wilayah dengan pemasangan Pompa Hidram untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Karangasem pada umumnya”, ucapnya.

pengecekan 3 sumber mata air di wilayah Kecamatan Abang selesai dengan lancar dan aman serta berpedoman pada protokol kesehatan. /je

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: