Ekonomi

Pembangunan Indonesia

JARRAKPOSBALI.COM – Sumber daya alam Indonesia melimpah. Jika kita jeli mengelola anugerah alam ini kita akan mencapai kemakmuran. Lautan yang luas dengan berbagai jenis ikan. Tambang-tambang bertebaran di mana-mana, menyediakan sumber mineral yang tidak sedikit. Hutan tropis yang banyak, sumber dari berbagai jenis kayu-kayuan. Namun sebagai orang Indonesia kita harus pintar memanfaatkan sumber daya alam ini.

Sumber daya manusia Indonesia ratusan juta jumlahnya. Berpotensi untuk dijadikan tenaga kerja asalkan mendapat pendidikan yang memadai. Indonesia sudah waktunya dikelola oleh tenaga terdidik  dari kalangan bangsa sendiri. Manusia Indonesia diharapkan tidak saja sebagai man power ( tenaga kerja ), melainkan juga bertindak sebagai brain power (pemikir yang mumpuni).

Baca Juga :  KEMBANGKAN BUDIDAYA PORANG, DPD LPM KABUPATEN BULELENG GELAR PELATIHAN DI DESA KAYUPUTIH

Pembangunan yang dicanangkan pemerintah hendaknya mengarahkan sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk merangsang pertumbuhan ekonomi. Bank Dunia ( World Bank) menggunakan pendapatan perkapita sebagai ukuran tingkat kesejahteraan suatu negara.

Pendapatan perkapita diukur dari Produk Domestik Bruto (PDB) dibagi dengan jumlah penduduk negara itu. Kampanye World Bank adalah to reduce poverty ( mengurangi kemiskinan) dengan cara to raise income ( menaikkan pendapatan). Indonesia sebagai anggota Bank Dunia  berharap mendapatkan pinjaman lunak (loan) untuk melangsungkan pembangunan di segala bidang.

Baca Juga :  JELANG GALUNGAN-KUNINGAN, HARGA SEMBAKO DI BULELENG KEMBALI NORMAL

 

Penulis : I Wayan Budiartawan

Editor : Lle

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close