1
Ming. Sep 20th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

VIRUS CORONA: HASIL TES SWAB PERTAMA 187 PMI NEGATIF, TUNGGU HASIL TES SWAB KEDUA

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Ini kabar gembira dari hasil test swab pertama dari 187 PMI. Hasil test swab pertama mereka ternyata semua negatif. Untuk membuktikan mereka benar-benar lolos dari sergapan virus corona (COVID-19), saat ini sedang menunggu hasil test swab kedua.

Ke-187 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) ini sedang menajalani karantina di Denpasar. Selama ini, ada 413 orang PMI yang dikarantina di Denpasar. Dari 413 orang PMI tersebut, ada sebanyak 127 orang diantaranya sudah dipulangkan. Jika hasil dari tes swab kedua negatif, maka PMI tersebut sudah boleh dipulangkan.

Demikian pernyaraan Sekkab Buleleng Drs. Gede Suyasa,M.Pd selaku Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Buleleng saat menyelenggarakan video conference bersama awak media terkait perkembangan COVID-19 di Kabupaten Buleleng, Jumat (15/5/2020).

Suyasa mengatakan, ini merupakan kabar yang cukup menggembirakan. Menurutnya, dengan tidak adanya PMI yang positif COVID-19 maka tidak ada lagi import case di Buleleng.

“Tentunya ini kabar gembira untuk kita semua, sekarang kita tinggal menunggu hasil tes swab kedua yang rencananya akan keluar hari ini (Jumat),” ungkapnya.

Baca Juga :  ANTISIPASI VIRUS CORONA, KOMISI IV CEK KESIAPAN RSUD BULELENG

Ditanya terkait berakhirnya kedatangan PMI, Suyasa mengatakan, sampai saat ini belum ada kepastian kapan kedatangan PMI berakhir. Suyasa menambahkan, GTPP COVID-19 Kabupaten Buleleng selalu siap menerima PMI yang datang. Suyasa mengatakan, GTPP Kabupaten Buleleng selama ini telah memberikan pelayanan terbaik kepada PMI. Menurutnya, ini merupakan upaya untuk member rasa aman dan nyaman bagi PMI yang menjalani karantina.

“Yang paling penting adalah keselamatan masyarakat Buleleng secara umum dan PMI itu sendiri. Kita menunggu saja kapan ini akan berakhir. Kita akan selalu memberikan perlakuan terbaik kepada mereka,” jelasnya.

Sementara, terkait update perkembangan penanganan COVID-19 di Buleleng, ada satu pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh kembali. Hingga saat ini terdapat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Buleleng secara kumulatif berjumlah 53 orang, dengan rincian PDP Negatif 6 orang, pasien yang di rawat di Buleleng 18 orang, di rujuk ke Denpasar sebanyak 5 orang dan sudah dinyatakan sembuh 23 orang. Pasien terkonfirmasi positif yang dirawat diluar Buleleng berjumlah 8 orang.
Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara kumulatif berjumlah 97 orang yang terdiri dari ODP yang masih dipantau 2 orang, ODP yang sudah selesai masa pantau berjumlah 95 orang.
Orang Tanpa Gejala (OTG) secara kumulatif berjumlah 819 orang dan sudah selesai masa pantau 547 orang, karantina mandiri 270 orang, OTG yang karantina Hotel di Buleleng 1 orang, dan karantina Hotel di Seririt 1 orang.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: PEMKAB KARANGASEM SALURKAN PULUHAN RIBU SEMBAKO JPS

Pemantauan juga terus dilakukan kepada pelaku perjalanan daerah terjangkit dan daerah transmisi lokal (tanpa gejala). Secara kumulatif berjumlah 3.043 orang dengan rincian 2.847 diantaranya sudah selesai masa pantau selama 14 hari dan sisa yang masih dipantau sebanyak 196 orang, terdiri dari pekerja kapal pesiar 76 orang, TKI lainnya terdapat 62 orang, WNA 1 orang, pulang dari luar negeri 5 orang, serta orang yang datang dari daerah transmisi lokal di Indonesia berjumlah 52 orang.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *