1
Jum. Sep 18th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

In Memoriam Pak Darmawan

1 min read

JARRAKPOSBALI.COM – I Gede Darmawan telah tiada. Putra Desa Pesaban yang pengusaha nasional ini telah wafat. Tetapi kemampuan beliau sebagai pengusaha kelas kakap pantas untuk dicontoh oleh generasi muda jaman sekarang. Perusahaan beliau besar sebesar jiwa beliau. Bisa menginspirasi anak muda era millenium kini.

Pak Darmawan awalnya perawat dan pegawai negeri. Beliau berhenti, kemudian memulai karir baru sebagai seorang wiraswastawan. Dengan modal truk yang dibelikan ayahnya beliau menjajagi usaha pemborong. Guru Gede Wija alias I Gede Wija, sang ayah, bertahun-tahun duduk sebagai kepala desa di Desa Pesaban.

Baca Juga :  F.SP.BALI MENDORONG PEMERINTAH BERSINERGI DENGAN DESA.

Pak Darmawan adalah orang yang berkemauan keras. Usaha beliau berkembang menjadi PT Kresna Karya. Beliau tercatat sebagai salah seorang konglomerat Indonesia di bawah payung Bank Aken yang dirintisnya. Aken Life, anak perusahaan divisi asuransi, kemudian dibeli perusahaan Jerman Allianz.

“Kewajibanmu hanya bekerja, bukan terikat pada hasilnya”. Demikian ayat Bhagawad Gita yang diresapi Pak Darmawan. Pak Darmawan bisa sukses dengan menerapkan dalam hidup ajaran kitab suci ini. Mungkin  satu-satunya konglomerat asal Bali  di Indonesia yang pernah ada.

Baca Juga :  GUBERNUR KOSTER LAKUKAN GROUND BREAKING PEMBANGUNAN PASAR UMUM GIANYAR

 

Penulis : I Wayan Budiartawan
                Dosen ITB (1992-1997)

Editor : Lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *