BeritaDaerah

Diguyur Hujan Lebat, Salah Satu Desa di Sidemen alami Bencana

 

KARANGASEM, JARRAKPOSBALI.com | Akibat hujan lebat yang mengguyur dini hari tadi menjadi bencana di Desa Telagatawang, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Kamis (17/6/2021).

Hujan lebat itu mengakibatkan longsor, banjir, kayu-kayu besar hanyut serta tumpukan sampah kiriman sampai di Desa Telagatawang.

 

Setelah Perbekel Desa Telagatawang I Komang Muja Arsana keliling desa, ditemukan 2 rumah warganya tertimbun longsor.

 

Rumah yang tertimbun longsor milik Putu Suarna di Banjar Dinas Kebung Kauh, anaknya sempat tertimbun longsor namun mampu menyelamatkan diri sehingga tidak ada korban jiwa, pihaknya mengaku mengalami kerugian sekitar 15 (lima belas) juta rupiah.

Dan satunya lagi milik I Wayan Pageh yang beralamat di Banjar Dinas Kebung Kauh juga tertimbun longsor, diperkirakan kerugian mencapai 18 (delapan belas) juta rupiah.

 

Selain longsor menimbun rumah warga, pondasi dan penyengker merajan alit Dadia Pulasari, Banjar Dinas Kebung juga roboh diperkirakan kerugian mencapai 25 (dua puluh lima) juta rupiah.

 

Penyengker dan pelinggih milik I Ketut Alit yang beralamat di Banyu Campah, Banjar Telagatawang amblas, diperkirakan kerugian mencapai 17 (tujuh belas) juta rupiah.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: KECAMATAN BULELENG PENYUMBANG PASIEN CORONA TERBESAR

 

Jembatan menuju Pura Taman Tirta Telagatawang pun ikut amblas dan penyengker pura sepanjang 4 (empat) meter roboh serta satu pelinggih jebol akibat arus sungai yang deras.

 

Tidak hanya itu, akses jalan dan penyengker Pura Taman Tebeng yang beralamat di Lantang Katik juga rusak akibat banjir hingga mencapai kerugian sekitar 50 (lima puluh) juta rupiah.

 

Selain itu, jalan Kabupaten dan Provinsi juga jebol dan tergerus, serta beberapa kabel jaringan listrik putus di wilayah Banjar Dinas Kebung dan Kebung Kauh.

 

Perbekel Desa Telagatawang Komang Muja Arsana mengatakan, “tidak hanya itu, mungkin masih ada kejadian lainnya yang belum sempat kami evakuasi karena terbatasnya waktu dan lokasi yang berbeda dan jauh”, terangnya.

 

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, “turut perihatin dan berduka atas kejadian yang menimpa warga, semoga bencana ini memberi hikmah yang positif kedepan terutama dalam penanganan sampah”, harap Perbekel Desa Telagatawang.

Baca Juga :  TERAKREDITASI B, DISHUB BULELENG JADI RUJUKAN UJI KIR DI BALI

 

Juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada warga desa dan pihak terkait yang telah bergotong royong membantu membersihkan sampah kiriman sehingga aliran air disungai bisa mengalir dengan normal, terimakasih kepada BPBD yg sudah secara langsung turun mengevakuasi kejadian.

 

“Adapun langkah-langkah yang telah dan akan kami lakukan adalah dengan mengevakuasi korban bencana, melaporkan ke dinas terkait serta kami akan upayakan untuk mengakses bantuan-bantuan yg dapat meringankan beban dan kerugian yg dialami warga yg tertimpa bencana”, sambungnya.

 

Dengan kejadian tersebut, pihaknya memohon bantuan kepada pihak-pihak terkait, baik dari BPBD Kabupaten Karangasem dan Provinsi Bali, Dinas Sosial Kabupaten Karangasem dan Provinsi Bali, PUPR, PLN, Bapak Camat Sidemen, Bapak Bupati Karangasem, Bapak Gubernur Bali dan Bapak Presiden RI. “Mohon bantu warga kami yg tertimpa bencana ditengah pandemi ini”, harapnya mengakhiri./je

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: