1
Ming. Sep 27th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

HUT KEMERDEKAAN RI 75: UPACARA BENDERA DI RUMAH IBUNDA BUNG KARNO DI BALE AGUNG

2 min read

SINGARAJA-JARRAKPOSBALI.COM – Upcara bendera peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 juga digelar di rumah ibunda Bung Karno, Nyoman Rai Serimben di Bale Agung, Kelurahan Paket Agung, Singaraja, Bali.

Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH, menghadiri upacara bendera di rumah Ibunda Bung Karno, Sang Proklamator, bersama puluhan warga Bale Agung, Kelurahan Paket Agung. Turut hadir dalam Upacara Bendera ini, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Made Sudama Diana, S.Sos.MM, serta pengurus Desa Adat Buleleng. Para peserta juga mengenakan pakaian adat Bali.

Upacara bendera dilaksanakan dengan sangat sederhana namun khidmat. Tiang bendera dibuat dari bahan bambu setinggi kurang lebih 10 meter. Supriatna yang juga Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Buleleng dalam sambutannya menyatakan sangat berkesan bisa mengikuti peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di tempat yang bersejarah dan mempunyai nilai histori tinggi akan keberadaan bangsa Indonesia yakni di rumah Ibunda Bung Karno, Ibu Rai Sarimben di Bale Agung Kecamatan Buleleng.

Baca Juga :  HUMAN INTEREST: 250 SISWA TERIMA TAS SEKOLAH DAN 2 WARGA MISKIN TERIMA BEDAH RUMAH

“Dari tempat ini lahir Proklamator Bapak Bangsa kita Bung Karno. Mudah-mudahan kita bersama di tempat ini bisa meningkatkan rasa nasionalisme kita, mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekan yang gigih sehingga Indonesia menjadi bangsa merdeka pada 17 Agustus 1945,” ucap Supriatna.

Kata dia, sebagai warga Buleleng memperingati hari kemerdekaan dengan kondisi bangsa saat ini yang tertekan akibat wabah COVID-19 baik dari sisi kesehatan dan juga ekonomi. Untuk itu, kata dia, diperlukan rasa kebersamaan rasa nasionalisme tinggi.

Baca Juga :  INFO DEWAN: 3 RANPERDA USULAN EKSEKUTIF DISAHKAN DEWAN JADI PERDA

“Dari hal ini kita merenung kedepan harus dilanjutkan dengan meningkatkan rasa kesadaran kita bersama. Momentum kemerdekaan ini menjadikan kita lebih solid, lebih meningkatkan rasa nasionalisme kita sehingga bangsa kita cepat pulih dan lepas dari tekanan kondisi yang disebabkan oleh wabah COVID-19,” tandasnya.

Dalam upacara ini, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna,SH juga menyaksikan pengukuhan dan penyerahan SK Kelompok Darwis Lila Cita Ulangun Desa Adat Buleleng yang anggotanya terdiri dari 14 Br. Adat di Desa Adat Buleleng oleh Kepala Dinas Pariwisata Made Sudama Diana,S.Sos, MM.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *