BeritaBulelengDaerahLingkungan HidupTNI
Trending

Diinisiasi TNI, 1.200 Orang Bersihkan Pantai di Buleleng

BULELENG, jarrakposbali.com – TNI dalam hal ini Kodim 1609/Buleleng bersama Polri dan Pemerintah Kabupaten Buleleng melakukan kegiatan bersih-bersih pantai.
Kegiatan bersih-bersih pantai dalam rangka Kick Off Pelestarian Alam Kodam IX/Udayana, dilakukan pada hari Kamis, 4 Januari 2023 pagi dari Eks Pelabuhan Buleleng hingga Pantai Lovina, dan melibatkan setidaknya 1.200 orang.
Para peserta yang bergotong royong di pesisir pantai sepanjang 9,6 KM itu, membersihkan sampah yang terbawa arus sungai juga sampah kiriman dari laut. Mulai dari botol, plastik, kertas, hingga sampah organik, yang kemudian dikumpulkan dan diangkut menuju tempat pembuangan akhir.
Dandim 1609/Buleleng, Letkol Kav Angga Nurdyana menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI bersama masyarakat dan elemen lainnya terhadap lingkungan, khususnya di Buleleng.
Curah hujan yang semakin tinggi di Buleleng membuat sampah-sampah yang terbawa arus sungai semakin sering tertimbun di wilayah pesisir pantai. Apalagi wilayah Buleleng yang nyegara gunung, membuat semua sampah dari hulu akan menuju hilir atau terbawa ke laut.
“Semuanya bersinergi, semua elemen melakukan bersih-bersih di pantai Buleleng. Sekarang sudah musim penghujan, buangan sampah rumah tangga pasti terbawa dari hulu ke hilir,” ujar Letkol Angga.
Menurutnya, apabila sampah-sampah ini tidak bisa dikendalikan maka akan berdampak buruk pada pariwisata Buleleng yang mengandalkan keindahan pantai. Lantaran akan tercemar dengan sampah-sampah yang datang.
Pihaknya bersama dengan Polri dan Pemerintah Kabupaten Buleleng akan terus berkoordinasi secara berkelanjutan guna memerangi sampah.
“Buanglah sampah pada tempatnya bukan di sungai, pilah sampah, dan jaga alam dengan menanam pohon,” pesannya. (fJr/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button