Berita

Dimajukan Mulai Tahun Ini, Begini Suasana Peringatan HDKD di Rutan Kalas IIB Negara

JEMBRANA, jarrakposbali.com ! Biasanya Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) tiap tahunnya dirayakan setiap tanggal 30 Oktober. Namun mulai tahun ini peringatannya dimajukan menjadi tiap tanggal 19 Agustus.

Perubahan hari peringatan HDKD ini mengacu dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor M.HH-2.OT.01.03 Tahun 2021 tanggal 26 Oktober 2021 tentang Penetapan Hari Lahir Kementerian Hukum dan HAM Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) diperingati setiap tanggal 19 Agustus tiap tahunnya.

Keputusan ini sekaligus mencabut Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor M.06-UM.01.06 Tahun 1985 tentang Penetapan Tanggal 30 Oktober sebagai Hari Kehakiman RI dicabut dan tidak berlaku.

Suka cita perayaan HDKD menyelimuti seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI. Perayaan HDKD ke-77 mengambil tema “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK”

Rangkaian peringatan telah dilaksanakan sejak awal bulan Agustus. Berbagai jenis kegiatan dan perlombaan telah dilaksanakan dalam upaya memeriahkan hari kelahiran Kemenkumham RI hingga puncaknya pada tanggal 19 Agustus 2022.

Bertepatan dengan puncak peringatan, dilaksanakan upacara bendera Peringatan HDKD ke-77 Tahun 2022 di lapangan Rutan Kelas IIB Negara, Jembrana, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga :  Kejar Target Sembilan Kursi di DPRD Kabupaten, Partai Demokrat Buleleng Buka Pendaftaran Caleg
  Jarrak Travel

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 Wita yang diikuti oleh seluruh pegawai dan warga binaan pemasyarakatan (WBP). Upacara tersebut berlangsung dengan khidmat dan tertib.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Rutan Negara, Bambang Hendra Setyawan, dalam kesempatan tersebut membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM RI.

Dalam amantanya, Menteri Hukum dan HAM RI berpesan agar seluruh Insan Pengayoman agar bersikap netral dalam situasi politik yang akan menghangat. Selain itu, beliau juga berpesan agar seluruh petugas senantiasa menjaga kesehatan di masa pandemic Covid-19 yang masih belum selesai.

Menteri Hukum dan HAM RI dalam amanatnya juga meminta jajarannya peduli terhadap sesama di dalam kondisi krisis pangan, energi dan keuangan.

Baca Juga :  BULELENG KEMBANGKAN POTENSI PETERNAKAN DENGAN KONSEP TRIPLE HELIX

Berkaitan dengan perkembangan teknologi, Menteri meminta agar sebaiknya digunakan untuk hal positif.

Diakhir sambutannya, Menteri mengajak jajarannya untuk bersama-sama berdoa, agar di usia ke-77 tahun ini, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, kemudahan dan perlindungan kepada seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM dalam melanjutkan pengabdian bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara tercinta.

Kegiatan diakhiri dengan acara syukuran berupa pemotongan kue dan tumpeng yang dibagikan secara merata kepada pegawai dan WBP sebagai rasa syukur.

“Semoga denga bertambagnya usia Kementerian Hukum dan HAM RI, kinerja kita juga makin meningkat dan semakin solid dalam menghadapi tantangan ke depannya,” ucap Bambang Hendra Setyawan.(dewa darmada)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: