BeritaBulelengDaerahPendidikan
Trending

Gandeng PLN, Undiksha Siapkan Penggunaan EBT

SINGARAJA, Jarrak Pos Bali – Undiksha bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN), kini menyiapkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Undiksha kini tengah mencanangkan penerapan EBT dan sudah mendapatkan dukungan dari PLN Unit Induk Daerah (UID) Bali.

Pencanangan itu berlangsung di Kuta, Badung, pada hari Selasa, 5 Juli 2022, bersamaan denga pencanangan Undiksha menuju WBK/WBBM.

Acara pencanangan dihadiri langsung oleh Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., dan General Manajer PLN UID Bali, I Wayan Udayana.

[irp posts=”26052″ name=”Undiksha Canangkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM”] [irp posts=”25852″ name=”Kampanyekan Restorative Justice, Undiksha dan Kejari Buleleng Saling Sinergi”] [irp posts=”25191″ name=”Porprov Bali, KONI Buleleng Kolaborasi dengan Undiksha”]

Bentuk dukungan untuk menjaga lingkungan

Upaya pengaplikasian energi terbarukan yang dilakukan oleh Undiksha ini sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan, dan Sumber Daya, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd.

“Karena kita merasa sebagai bagian dari pada salah satu pilar pembangunan bangsa,” ujar Prof. Dr. I Wayan Lasmawan.

“Maka atas izin bapak Rektor, kami di jajaran pengelola bidang sarana prasana dan layanan berpikir kenapa tidak kita mulai sekarang membantu dan melaksanakan kebijakan pemerintah,” lanjutnya.

“Yakni untuk menggunakan energi baru terbarukan, dengan tanpa menambah beban lingkungan sekitar,” tambahnya lagi.

Atas dasar pemikiran tersebut, pihaknya mengajukan permohonan kerjasama dengan PLN Singaraja.

Dan sebagai langkah awal, energi terbarukan akan diaplikasikan di Gedung Rektorat dan Fakultas Kedokteran.

Bersamaan dengan itu, dilakukan juga penyerahan sertifikat oleh PLN sebagai bentuk penghargaan terhadap langkah maju Undiksha untuk memberikan kebaikan untuk bangsa.

“Ini tentu sebuah langkah maju dan terobosan yang luar biasa yang kita lakukan,” ujar Wakil Rektor II Undiksha itu.

“Dengan maksud bahwa boleh kita berada di pinggiran Bali Utara, boleh kita punya pendapatan yang belum begitu besar,” tuturnya.

“Tetapi makna dan torehan kebaikan terhadap bangsa ini tidak harus kecil, tetapi kalau bisa lebih bermakna dari apa yang kita miliki sekarang,” tegas Prof. Dr. Lasmawan.

[irp posts=”25011″ name=”Undiksha Kini Buka Delapan Prodi Sarjana Terapan”] [irp posts=”25024″ name=”Undiksha Buka Prodi D4, Ini Yang Harus Dilakukan”] [irp posts=”24670″ name=”Undiksha Siap Jadi Kampus Siaga Bencana”]

Apresiasi dari PLN UID Bali

General Manajer PLN UID Bali, I Wayan Udayana; memberikan apresiasi kepada Undiksha, dan berharap gerakan bisa menjadi contoh bagi yang lain.

“Kami sangat apresiasi atas adanya institusi pendidikan yang menggunakan energi baru terbarukan,” ucapnya.

Pasca pencanangan, diharapkan pelaksanaan kerjasama dapat dilanjutkan.

Bentuk dukungan yang nantinya diberikan oleh PLN berupa infrastruktur kendaraan listrik maupun lainnya. (fJr/hms/JP)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button