ATAMBUA-JARRAKPOSBALI.COM – Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif RK 744/SYB, Selasa (18/08/2020) mengandeng RSUD Mgr.Gabriel Manek SVD Atambua menggelar kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka HUT RI ke-75.

Dansatgas Letkol Inf Alfat Denny Andrian mengatakan dari 50 peserta yang mendaftar, hanya 38 orang yang memenuhi syarat dan lolos tes kesehatan untuk bisa diambil darahnya.

Dilansir Pendam IX/Udayana, kegiatan dimulai pukul.08.00 WIB, yang bertempat d Mako Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif RK 744/SYB, kelurahan Umanen Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Letkol Alfat, donor darah tidak hanya bermanfaat bagi penerima, tetapi juga bagi orang yang donor, yakni dapat mengurangi risiko serangan jantung dan kanker, mengurangi kadar zat besi, serta membakar sejumlah besar kalori dalam tubuh.

“Untuk itu, kami mengajak para prajurit untuk melaksanakan donor darah secara rutin. Donor darah ini bukan semata-mata untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah, tapi juga untuk menjaga kesehatan kita,” ujarnya.

Baca Juga :  INFO DEWAN: DANA HIBAH DITOLAK EKSEKUTIF, FRAKSI NASDEM TOLAK RANPERDA PERUBAHAN APBD BULELENG 2020

Disampaikan Letkol Alfat, TNI bertugas di perbatasan bukan hanya semata menjaga keutuhan NKRI tetapi juga berperan aktif didalam membantu masyarakat. Baik didalam pemberdayaan manusia serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Dikatakannya, dalam rangka HUT RI ke-75 khususnya di Kabupaten Belu, akan digelar berbagai kegiatan antara lain, pengobatan gratis bagi masyarakat, lomba makan kerupuk tingkat SMP, lomba Memasukan paku ke dalam botol dan lari karung tingkat yang d ikuti oleh anak-anak disekitaran Mako Satgas.

Sementara itu, Direktur RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua dr. Elen Corputty, MARS mengungkapkan, dengan adanya kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Pamtas sangat membantu bagi kebutuhan darah di Kabupaten Belu. “Kita sediakan 50 kantong darah, namun tidak menutup kemungkinan bisa lebih ataupun pas target yang kita tentukan. Karena banyaknya peminat donor darah,” ujar dr. Elen

Baca Juga :  VIRUS CORONA: TNI DAN RELAWAN BAGI-BAGI MASKER

Diakui dr.Elen, selama ini pihak RSUD Atambua masih kekurangan stok darah untuk di kabupaten Belu. Dengan adanya kegiatan donor darah, tentu sangat membantu dan memenuhi kekurangan stok darah di kabupaten Belu, khususnya RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua.

Sejauh ini, anggota Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB cukup antusias untuk mendonorkan darahnya. Karena sekantong darah sangat berarti bagi penerimanya dan bagi yang membutuhkan, pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan bakti sosial donor darah, Lettu CKM dr. Rukmana Kepala UTD (Unit Transfusi Darah) RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD. Atambua dr. Helena Leppong, Sp.PK, Kepala Bidang Penunjang RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua ibu Heni Nahak, SKM dan beberapa staf operasi unit transfusi darah RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here