BALI.Jarrakposbali.com. I Wayan Ridana bekerja di Departemen Sosial Karangasem. Lelaki kelahiran Muncan 1973 ini mengurus dana sosial untuk penyandang disability.

Dijanjikan pemerintah akan ada bantuan uang tunai untuk orang-orang disable. I Wayan Ridana sebagai petugas pemerintah membawa rekening Bank BRI ke rumah-rumah. Bakal tabungan untuk kaum disable seandainya nanti terwujud.

Di wilayah kabupaten paling timur Pulau Bali ini banyak penyandang disability. Perlu uluran tangan pemerintah melalui Depsos. Untuk sekedar meringankan beban penderitaan keluarga.

Baca Juga :  PEMIMPIN KARANGASEM KE DEPAN YANG SEJATI

Dalam keadaan disable manusia tidak bisa bekerja dengan normal. Tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok seperti orang yang sempurna fisiknya.

I Wayan Ridana hanya tamatan SMA pada masa mudanya. Tetapi bisa menjadi pegawai negeri. Pekerjaan yang dilakoninya adalah mendata dan mencari penyandang disability ke desa-desa untuk dilaporkan kepada kepala kantornya.

Suatu saat nanti mudah-mudahan penyandang disability bisa tersenyum lega karena mendapat sedikit santunan dari pemerintah.

Baca Juga :  CURAHAN HATI MAHASISWA PERANTAU: “KAMI ANAK RANTAU TERJAJAH OLEH KEADAAN YANG TAK DIPERHATIKAN OLEH PEMERINTAH”

Karangasem termasuk daerah paling miskin di Bali. Menurut sumber yang dapat dipercaya hal ini disebabkan oleh kekeringan yang sering melanda Karangasem.

Kekurangan air untuk irigasi pertaninan. Departemen Sosial bekerja dengan dana aggaran negara untuk memperhatikan kalangan disable. Depsos rencananya akan menyalurkan dana ini kepada yang berhak dalam waktu dekat.

 

Penulis : I Wayan Budiartawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here