BeritaDaerah

Nabe Ida Pedande Gede Putra Tembau, Diniksa Nanak ke XV Mapustaka, Ida Pedande Gede Rai Putra Keniten

Semarapura, JARRAKPOSBALI. com | Perkumpulan Dharmopadesa Pusat Nusantara Cabang Klungkung, kembali mendapatkan kehormatan untuk menyelenggarakan Diksa Pariksa kepada calon Diksita yaitu Ida Bagus Rai Susrama dan Ida AYU Made Sri Diatmini penyelengaraannya telah dilaksanakan pada 9 september 2021 dan Acara Upacara Upakara Rsi Yadnya Padiksan dilaksanakan pada Anggara Kliwon Kulantir tanggal 21 September 2021.

“Acara ini yang juga bertepatan dengan Wali atau Petoyan di Pemerajan Griya Gede, Desa Bakas, Banjarangkan Klungkung, ” ucap Ida Bagus Surya Wedanta.

Berbicara menjalankan Upakara Upacara Pediksan banyak sekali pegangan SASTRA yang dipakai dasar, sudah barang tentu satu sama lainya adalah saling berkaitan seperti Sastra: Yayur Weda, Whrespati Tatwa, Wiku Sesana, Ataki taki Sewaka Dharma, Parikramaning Apodgala, lontar Jagat Karana dan masih ada beberapa sumber sastra yang lainnya.

 

Dan juga untuk penyelenggaraan Runtutan Padiksan juga melalui beberapa tahap, Tahapan tersebut sebanyak 14 Tahap seperti: Matur Piuning, Nunas Jatu Karya, Nyangling-Negtegang-Ngingsah Memanca Kertha, Dharma Yatra, Asuci Laksana, Megat Sembah, Mapinton, Mesuci Ngedas Rahina-Mediksa, Ngaturang Jauman, Ajah ajah Guru Watra, Nyegara Gunung, Ngelinggihang Weda, Metirtha Gemana, dan Apasang Lingga.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Terima Audiensi PT Tirta Investama (Pabrik Aqua Mambal)

“Ada istilah parikamaning Diksa Pariksa, ini merupakan salah satu bagian dari Upacara Upakara Padiksan yaitu memberikan Dharma Tuntunan kepada Calon Diksita Oleh Calon Guru Nabe, ” imbuh Ida Bagus Surya Wedanta.

 

Kemudian,”agar si Calon Diksita memiliki Pegangan atau Panduan dan atau istilah lain yaitu memiliki dasar dasar dalam menjalankan Dharma Agama kepada Umat. Dan Bukan sebaliknya Menguji atau memberikan Ujian dan atau pertanyaan pertanyaan kepada calon Diksita,
Selanjutnya,”Perkumpulan Dharmopadesa Pusat Nusantara dalam acara Diksa Pariksa, hanya dalam hal admistrasi saja, semua keputusan adalah hak Priogratif dari seorang Calon Guru Nabe,” beber Ida Bagus Surya Wedanta.

Pasangan Calon Diksita dari Griya Gede, Bakas pada acara Diksa Pariksa masih bernama Nama Welaka Ida Bagus dan Ida Ayu, Dan tepat di hari Upacara Upakara Rsi Yadnya Padiksan, telah dilahirkan (Embas) dengan Nama Baru (Pepasih Ayar) diberikan nama oleh Guru Nabe ; Ida Pedanda Gede Putra Tembau yaitu. Lanang : IDA PEDANDA GEDE RAI PUTRA KENITEN dan Istri: IDA PEDANDA ISTRI OKA DIATMIKA. Dengan Pepapasih baru diberikan, Mulai setelah dihari Padiksan Resmi sudah sebagai Pasangan Ida Pedanda anyar
Segala Perbuatan baik Berpikir, Berbicara dan Berbuat sehari hari seyogyanya dilakukan sebagai pasangan Ida Pedanda.

Baca Juga :  Stok Vaksin Polres Mencukupi, Targetkan 750 Orang Per Hari

“Dan yang Luar Biasa bahwa pasangan Pedanda yang baru lahir di Griya Gede, Bakas ini adalah Pasangan Nanak dari seorang Guru Nabe terlahir sebagai Nanak yang ke XV, ” jelas Ida Bagus Surya Wedanta.

Dalam kesempatan tersebut Ida Bagus Surya Wedanta sebagai Sekretaris Dharma Prawerthi Sabha Cabang Klungkung dengan resmi mengumumkan Surat Keputusan Sebagai Anggota Baru Dharma Ghosana Cabang Klungkung dari Perkumpulan Dharmopadesa Pusat Nusantara.
Diakhir acara Padiksan diserahkan SK Anggota Baru Dharma Ghosana kepada Pasangan Baru Ida Pedanda oleh Ketua Dharmopadesa Klungkung IB Puja Aribawa.

Penulis : Ida Bagus Oka / Ida Bagus Surya Wedanta
Editor : tude

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: