1
Sab. Sep 19th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

VIRUS CORONA: DUKUNG PROGRAM PENCEGAHAN COVID-19, MAHASISWA KKN UM NYEMPROT DESA BRINGIN

2 min read

MALANG-JARRAKPOSBALI.COM – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur (Jatim), tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di tengah wabah COVID-19 saat ini, KKN Universitas Negeri Malang tetap dilaksanakan dengan mengusung tema yaitu KKN Edisi COVID-19. KKN ini dilaksanakan secara daring, namun juga tetap melakukan kegiatan di desa dengan pembatasan massa dalam pelaksanaannya.

“Kalau sebelumnya, KKN identik dengan tinggal di desa selama beberapa bulan, di tengah pandemi ini, KKN UM dilakukan secara berbeda, namun tetap melakukan berbagai program yang bermanfaat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Rizky Firmansyah, S.E., M.S.A., dosen pembimbing lapangan KKN di Desa Bringin, Malang.

Disebutkannya, salah satu agenda yang dilakukan tim mahasiswa KKN UM di Desa Bringin adalah mendukung desa untuk tanggap terhadap COVID-19 melalui berbagai program pengabdian. Kegiatan pertama, jelas dia, adalah melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh wilayah Desa Bringin. Kepala desa, perangkat desa, karang taruna, serta beberapa warga turut serta membantu dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu tetap menjaga jarak serta memakai masker dan tetap menjaga kebersihan.

Baca Juga :  BUPATI DUKUNG PENGELOLAAN KAWASAN DANAU BUYAN OLEH MASYARAKAT PANCASARI

Menariknya, disinfektan yang dipakai menyemprot ke wilayah desa adalah hasil buatan sendiri mahasiswa KKN UM. “Kami sangat senang bisa menerapkan ilmu yang kami dapatkan selama kuliah. Apalagi penerapannya sangat bermanfaat untuk pencegahan penularan virus yang menjadi pandemi saat ini,” tutur Siti Nur Mahmudah, koordinator tim.

Selain itu, sebut Siti, mahasiswa KKN UM juga menggalakkan kegiatan untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara menjaga kebersihan, kesehatan serta lebih waspada dengan mengetahui gejala-gejala COVID-19 dan bagaimana cara mengantisipasi jika pulang dari luar kota maupun kedatangan tamu dari luar kota. Kegiatan edukasi tersebut dilakukan melalui pemasangan poster di seluruh rumah warga. Saat melakukan pemasangan poster, tim KKN terlebih dahulu memberikan pengarahan serta penjelasan mengenai poster kepada warga agar mudah dipahami. Akhirnya, seluruh warga desa memperoleh informasi yang sama terkait pencegahan penularan COVID-19.

Baca Juga :  SKD CPNS, BUPATI AGUS: "SAYA PASTIKAN TIDAK ADA INTERVENSI"

“Kami dari pihak desa sangat terbantu dengan adanya program KKN dari Universitas Negeri Malang ini. Semoga kedepannya, kami terus didukung oleh program-program pengabdian yang seperti ini,” tutur Kepala Desa Bringin, Malang.

Program-program pengabdian yang diselenggarakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) di Desa Bringin ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan virus COVID-19.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *