1
Sel. Sep 22nd, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

WEBINAR UM: JURUSAN AKUNTANSI DUKUNG PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA HADAPI ERA INDUSTRI 4.0

3 min read

MALANG-JARRAKPOSBALI.COM – Indonesia saat ini telah memasuki Era Industri 4.0 yang ditandai dengan semakin maraknya fasilitas serta aktivitas yang didukung oleh ketersediaannya teknologi digital pendukung. Data Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Indonesia dinilai telah cukup mampu dalam menerapkan Industri 4.0. Oleh karenanya, dibutuhkan beberapa persiapan yang harus dilakukan dan pada elemen-elemen masyarakat, khususnya melalui dunia pendidikan. Universitas adalah tingkat pendidikan tertinggi yang berkewajiban untuk memfasilitasi segala aktivitas mahasiswa yang bersifat pengembangan diri, baik secara individu maupun secara tim.

Salah satu contoh kegiatan dalam pengembangan diri mahasiswa yaitu melalui penerapan aktivitas bisnis yang terangkum dalam beberapa mata kuliah yang telah ditempuh mahasiswa pada masa perkuliahan. Kegiatan perkuliahan menjadi salah satu langkah efektif untuk mengembangkan karakter mahasiswa sebagai sumber daya manusia yang memiliki kapabilitas tinggi. Kegiatan pengembangan diri tersebut tentu dapat ditingkatkan dengan memupuk pengetahuan seputar manajemen sumber daya manusia, perilaku organisasi, kepemimpinan yang baik, serta keseimbangan kehidupan kerja. Oleh karena itu, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan International Webinar dengan tema: HR, OB, Leadership, and Work Life Balance.

Acara ini berlangsung secara daring pada hari Senin 20 Juli 2020 mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai menggunakan aplikasi Zoom. “Kegiatan ini semula akan dilakukan secara offline di Hotel Savana. Namun, mengingat bahwa saat ini masih terjadi pandemi maka pihak panitia mengubah rencana tersebut menjadi daring untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan” ujar Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak.

Baca Juga :  ABADIKAN SEJARAH PROKLAMATOR, BANGUN PATUNG BUNG KARNO DI AKMIL MAGELANG

Meskipun diadakan secara daring, acara ini akan tetap berjalan meriah karena dihadiri oleh Keynote Speaker luar negeri ternama, para panelis luar dan dalam negeri serta dipandu oleh moderator yang juga ternama.

Ria Zulkha Ermayda, S.ST.,M.Si. selaku Ketua Panitia menyatakan, “Webinar ini adalah tindak lanjut dari seminar nasional bekerjasama bersama tim AIBPM, yang sebelumnya telah dijadwalkan bulan April secara offline. Namun karena ada pandemi, tim panitia UM dan AIBPM sepakat untuk melaksanakan secara online di bulan Juli.”

Acara ini akan dihadiri beberapa Keynote Speaker luar negeri seperti Dr. Garima Mathur (Prestige Institute of Management, Gwalior), Associate Professor Dr. Daisy Kee Mui Hung (Universiti Sains Malaysia), dan Dr. Ingy Selim (Arab Academy for Science, Technology & Maritime Transport). Acara ini akan berlangsung dengan dipandu oleh Dr. Rajesh Kumar Nair (SIES College of Management Studies). Tak lupa para panelis juga akan turut dalam acara ini seperti Dr. Noor un Nisa (Bath Spa University, UAE), Dr. Varsha Ganatra (Vivekanand Education Society’s College of Arts, Science, and Commerce), Dr. Uma Warrier (CMS Business School, Jain (Deemed-to-be University), Dr. Teoh Kok Ban (Sentral College Penang, Malaysia), dan Dr. Eka Ananta Sidharta (Universitas Negeri Malang).

Baca Juga :  Pendapat Masinton Di Pertanyakan

Sheila Febriani Putri, S.Pd., M.Pd selaku panitia acara menjelaskan, “Kegiatan Weninar ini diharapkan akan menjadi salah satu kegiatan yang dapat menaikkan wawasan generasi muda Indonesia khususnya mahasiswa Jurusan Akuntansi FE UM menjadi sumber daya manusia yang siap berkompetisi di Era Industri 4.0.”

Kegiatan Internasional ini dihadiri oleh peserta yang telah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Lebih lanjut Rizky Firmansyah, S.E., M.SA selaku panitia acara juga menjelaskan, “Ada beberapa kendala sempat terjadi, namun karena adanya koordinasi yang baik antar semua panitia melalui media online alhamdulilah semua kendala yang ada dapat teratasi. Beberapa panitia yang terlibat dalam acara ini seperti Fitri Purnamasari, S.E., M.SA., Miranti Puspaningtyas, S.Pd., M.Akun., Dhika Maha Putri, S.Pd., M.Acc.,selalu berusaha mengupayakan yang terbaik untuk suksesnya kegiatan International ini. “Mudah2an melalui kegiatan ini, teman2 mahasiswa khususnya Akuntansi dapat teredukasi dan memiliki pengalamn dalam mengikuti webinar internasional,” imbuh Slamet Fauzan, S.Pd., M.Pd. selaku koordinator International Webinar: HR, OB, Leadership, and Work Life Balance.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *