1
Ming. Sep 20th, 2020

Jarrak Pos Bali

Bersama Membangun Bangsa

KENAL BOS PIE SUSU DHIAN: DULU BEKERJA DI TEMPAT ORANG, KINI JADI BIGBOSS

3 min read

DENPASAR-JARRAKPOSBALI.COM – PANDANGAN pertama sosok satu ini memang jauh dari kesan konglomerat. Dia berbaur dengan karyawannya ala teman, dan pola berpakaian pun tidak terkesan nacis yang selalu diidentikan dengan orang berduit.

Dialah Komang Sukadasna, owner CV Dhian Mandiri, perusahaan raksasa yang memproduksi pie susu jenis oleh-oleh khas Bali.

Pengusaha muda dan dermawan ini ternyata pria yang sangat mudah diajak berkomunikasi. Wajahnya penuh dengan senyum. Namun ketika diajak berbicara tentang bisnisnya, Sukadasna malah banyak tertawa dan diserahkan kepada manajer operaisonal CV Dhian Mandiri, I Gede Sudiarta.

Pun demikian Sukadasana mau bercerita juga seputar perjalanan perusahaan yang didirikannya. Pria berputra dua ini menceritakan bahwa sebelum ia mendirikan perusahaan sendiri, sebelumnya ia berkerja di perusahaan orang lain selama 15 tahun. Tempat kerjanya itu memang pusat produksi pie susu.

“Sebelumnya saya kerja di tempat orang, kemudian saya coba usaha sendiri pada tahun 2010 lalu,” ujar Sukadasna mengawlai kisahnya, di sela-sela penyerahan paket sembako di Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Buleleng, Bali, Rabu (22/4/2020) siang.

Ia mengisahkan bahwa usaha yang dirintis bersama sang istri dengan modal awal Rp 2 juta dan baru merupakan usaha rumahan. “Saya dan istri saja. Setelah 3 bulan berjalan, mulai ada perkembangan, saya mencoba merekrut karyawan 3 orang,” paparnya.

Kemudian berkembang menjadi perusahaan oleh-oleh khas Bali raksasa hingga memperkerjakan 200-an karyawang dari Bali dan luar Bali.

Nah, popularitas pie susu sebagai jenis oleh-oleh khas Bali memang begitu tinggi. Bahkan, saat ini wisatawan kerap mengutamakan pie susu sebagai pilihan buah tangan. Rasanya yang enak dan punya daya tahan cukup lama, membuatnya begitu disukai para wisatawan. Ditambah lagi, Anda dapat menjumpai begitu banyak merek pie susu yang bisa dipilih. Salah satu merek pie susu yang terkenal dan kerap diburu wisatawan adalah Pie Susu Dhian khas Bali.

Baca Juga :  IDUL FITRI: H-2 POSPERA BAGI-BAGI BERAS KE 35.000 RUMAH TANGGA DI JAKARTA

Pie Susu Dhian menawarkan opsi pie susu berkualitas tinggi dengan rasa yang enak. Gerai Pie Susu Dhian pun bisa dijumpai di tiga lokasi yang ada di Pulau Bali, yakni Jl. Suli Nomor 55 Denpasar, Jl. Nangka Selatan 66A Denpasar, serta Jl. Bypass I.B Bantra Nomor 97, Ketewel, Gianyar. Menariknya lagi, Anda bisa memesan pie susu di tempat ini dengan memanfaatkan aplikasi GoFood.

Pie Susu Dhian menjadi salah satu bukti kesuksesan industri oleh-oleh khas Bali. Menariknya lagi, usaha ini ternyata dikembangkan oleh masyarakat Bali sendiri, bukan orang luar Bali atau bahkan orang asing. Sosok di balik ksesuksesan Pie Susu Dhian adalah pria Bali asal Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Buleleng, bernama Komang Sukadasna yang menjalankan usaha ini awalnya dengan coba-coba.

Dari awalnya yang terlihat iseng, ternyata Pie Susu Dhian begitu disukai masyarakat luas. Komang Sukadasna pun mendirikan perusahaan yang memiliki nama CV Dhian Mandiri. Lewat perusahaannya itu, Pie Susu Dhian berkembang pesat. Dalam sehari, tingkat penjualannya mencapai angka 10 ribu buah. Angka tersebut bisa meningkat hingga 4 kali lipat ketika memasuki momen liburan.

Untuk memenuhi tingginya permintaan tersebut, CV Dhian Mandiri memiliki tidak hanya satu pabrik yang digunakan sebagai tempat pembuatan. Anda bisa menjumpai pabrik yang berada di Denpasar ataupun Gianyar. Di dalamnya, terdapat tenaga kerja setidaknya 25 orang karyawan.

Tidak hanya itu, cara produksi pie susu di CV Dhian Mandiri juga dilakukan secara modern. Proses pembuatannya menggabungkan antara mesin dengan tenaga manusia. Di sini, Anda bisa menjumpai mesin yang dipakai untuk mencetak adonan menjadi bentuk pie. Selanjutnya, terdapat karyawan yang bertugas untuk membubuhkan saus susu, cokelat, serta rasa lain.

Baca Juga :  DUA ANAK MUDA BULELENG WAKILI BALI DI SELEKNAS PEMUDA PELOPOR 2020

Dalam sehari, tingkat produksi Pie Susu Dhian bisa mencapai angka 15 ribu biji. Produksi yang tinggi itu ditunjang dengan keberadaan 8 oven di masing-masing pabrik. Dalam pembuatannya, adonan pie susu membutuhkan waktu sekitar 20 menit di dalam oven. Setelah matang, pie susu sudah siap untuk dikemas. Daya tahan pie susu buatan CV Dhian Mandiri cukup lama, bisa mencapai 2 minggu.

Pie Susu Dhian yang Dijual Murah dengan Rasa yang Enak

Tingginya angka penjualan Pie Susu Dhian tidak lepas dari kualitas yang selalu dijaga oleh Komang Sukadasna. Dibandingkan dengan pie susu lain, harga Pie Susu Dhian juga begitu terjangkau. Anda dapat menjumpai pie susu khas Bali ini bisa dibeli dengan harga Rp1.500 per biji. Variasi rasa yang bisa didapatkan juga beragam. Anda dapat mencoba pie susu dengan rasa orisinal, cokelat, keju, dan sebagainya.
Itulah informasi yang bisa Anda dapatkan sebagai pertimbangan dalam memilih oleh-oleh pie susu khas Bali yang enak.

Manajer Operasional I Gede Sudiarta menambahkan bahwa tenaga kerja yang direkrut CV Dhian Mandiri juga tidak bertapok pada ijazah pelamar. Bahkan perekrutan karyawan lebih pada sisi kemanusiaan. “Banyak karyawan itu tidak ijazah. Ada yang tidak tamat SD. Inilah yang bos rekrut karena mereka tidak bisa diterima di perusahaan lain,” kisah Sudiarta.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *